Minggu, 09 Desember 2012

Di Jakarta Utara, HBKB dan HMPI Di Laksanakan Bersamaan


Jakarta-Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) diperingati di Kota Administrasi Jakarta Utara ditandai dengan menanam pohon oleh Walikota Jakarta Utara H. Bambang Sugiyono di RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara. Gerakan menanam tersebut dilaksankan sebelum digelarnya kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Minggu  ( 09/12) Pagi.

Menurut Waliokota program penanaman satu milyar pohon lanjut Walikota  merupakan gerakan nyata penanaman pohon bertujuan untuk menambah tutupan lahan dan mencegah terjdinya  bencana banjir dan longsor,  konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon di atmosfir untuk mencegah perubahan iklim dan mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat.

Di Jakarta Utara sejak tahun 2010, hingga saat ini telah tertanam sekitar  400 ribu pohon lebih yang meliputi pohon pelindung, pohon produktif, pohon mangrove dan pohon berbunga tersebar di 6 kecamatan.Dengan ditanamnya banyak pohon dampaknya tentu bisa kita rasakan, seperti walau panas terik, tetapi tidak terlalu menyengat panasnya, hal ini karena banyaknya pohon yang telah ditanam, ujar Walikota  Bambang Sugiyono di Taman Panca Sila RW 012 Kelapa Gading.

Dalam kesempatan itu juga Walikota, erharap agar warga dapat memelihara dan mengembangkan tanaman mangga ini agar bisa berkembang dan tentunya buahnya nanti bisa bermanfaat, baik untuk warga itu sendiri maupun lingkungan juga jadi teduh dan hijau.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Utara, Jaja Suarja, menjelaskan gerakan penanaman pohon ini, dilakukan sesuai dengan  Keputusan  Presiden No 24 tahun 2008, bahwa Pemerintah telah  menetapkan  setiap  Tanggal 28 Nopember sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia HMPI Sedangkan  Bulan Desember  adalah sebagai Bulan Menanam Pohon (BMN

Saat ini, masih kata Jaja, Jakarta Utara dalam hal ini terus mendukung gerakan penanaman satu milyar pohon. Pada  tahun 2010 dalam Gerakan Menanam Pohon telah ditanam pohon sejumlah 184.761 pohon, tahun 2011 Gerakan Menanam Pohon  telah ditanam 114.845 pohon, dan tahun 2012 hingga bulan Nopember 2012 telah tertanam pohon 164.781 pohon, sedangkan di bulan Desember 2012 sendiri   sampai saat ini telah ditanam 12.794 pohon.

Adapun jumlah pohon yang ditanam di RW  012 saat ini, seluruhnya baik yang ditanam oleh warga maupun oleh Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Utara sekitar seribu pohon lebih, dan berdasarkan informasi Ketua Rw 12, bahwa dilokasi ini  masih tersedia ada lahan yang  siap untuk ditanam seribu (1000) pohon lagi .

Di Jakarta Utara, menurut Jaja akan dikembangkan  sentra mangga di RW 01, 02 dan RW 03 kelurahan Rorotan, di RW 01 kelurahan Semper  Timur,  RW 02, 03 dan RW 04 Kelurahan Kelapa Gading Barat, RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua serta kelurahan Marunda.

Seusai Penanaman Pohon di RW 012 Kelurahan Pegangsaan Dua. Walikota bersama pejabat Kota Administrasi Jakarta Utara melanjutkan perjalanan dengan  menggoes sepeda menuju Bunderan Jalan Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta Utara guna membuka kegiatan HBKB di JL Boulevard Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

( Amin Hidayat )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar