Rabu, 12 Desember 2012

GSI Bagi Kader PKK Semper Timur


Jakarta-Puluhan kader PKK Kelurahan Semper Timur Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara mendapatkan penyuluhan Gerakan Sayang Ibu (GSI), serta program Kelurga Berencana (KB), dengan menghadirkan nara sumber Cartis dari Puskesmas Kecamatan Cilincing, di aula kantor kelurahan setempat, Rabu (12/12). 

Dalam penjelasannya Cartis, menjelaskan GSI adalah gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan pemerintah untuk peningkatan kualitas hidup perempuan melalui berbagai kegiatan yang mempunyai dampak terhadap upaya percepatan penurunan angka kematian ibu (AKI) karena hamil, bersalin dan nifas serta penurunan angka kematian bayi. 

GSI diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif terlibat dalam kegiatan seperti membuat tabulin, pemetaan bumil dan donor darah serta ambulan desa. Untuk mendukung GSI, dikembangkan juga program suami SIAGA dimana suami sudah menyiapkan biaya pemeriksaan dan persalinan, siap mengantar istri ke tempat pemeriksaan dan tempt persalinan serta siap menjaga dan menunggui saat istri melahirkan.

Ada tiga unsur pokok di GSI yaitu, GSI merupakan gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan pemerintah. GSI mempunyai tujuan untuk peningkatan dan perbaikan kualitas hidup perempuan sebagai sumber  daya manusia, serta GSI juga bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas.

Sementara itu Lurah Semper Timur yang diwakili oleh Kasie Sarana dan Prasarana Kelurahan Semper Timur, Agus Budiyono, menerangkan paling penting di setiap kegiatan PKK, salah satunya dengan kegiatan ini, di harapkan tertib akan administrasinya, baik dalam kepengurusan maupun pelayanannya.

( Amin Hidayat )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar