Kamis, 13 Desember 2012

Kesbangpol Jakut Sosialisasikan Penegakkan Hukum dan HAM Bagi Aparat Pemerintah

Jakarta-Kantor Kesbang dan Politik ( Ka.Kesbang dan Pol )  Kota Administrasi Jakarta Utara selama dua hari, yaitu Jumat dan Sabtu, 14 dan 15 Desember 2012 melaksanakan Sosialisasi Penegakkan Hukum dan HAM Bagi Aparatur Pemerintah, di Hotel Cempaka Jaya, Jalan Plumpang Raya Kelurahan Rawa Badak Selatan.

Ketua Panitia Abdul Salam, didampingi Ka.KesbangPol Pacifik Abeto,  menjelaskan jumlah peserta sebanyak 75 orang yang terdiri dari para Satpol PP di enam kecamatan di Jakarta Utara.

Maksud dari kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kemajuan bagi HAM sesuai dengan budaya dan karakter kemanusiaan khususnya di wilayah Jakarta Utara. Sedangkan tujuan dari pelaksanaan ini menjadi media evaluatif, edukatif, dan kontruktif di dalam membangun sikap dan prilaku aparatur yang siap dan mampu menumbuh kembangankan budaya penghormatan dan kemajuan pengembangan HAM, dalam pelaksaan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga akan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat Jakarta Utara.

Sebagai nara sumber, pada Kamis, yaitu Rahmat Salam dengan materi berjudul Upaya Mewujudkan Penertiban Yang Bernuansa HAM ( Pendekatan Persuasif dan Preventif ) serta Atma Sanjaya  dengan materi Kasus HAM Dalam Penertiban Makam, ujar Abdul Salam.

Sedangkan pada Sabtu, dengan nara sumber Direktur Pol PP Dirjen PUM Kementerian Dalam Negeri dengan materi, yaitu Pelaksanaan Terhadap Penghormatan dan Perlindungan HAM, serta Tanggung Jawab Satpol PP Dalam Membangun Kesadaran Penegakan HAM, Ketua KOMNAS HAM dengan materi Peran Komnas HAM Dalam Penanganan Terhadap Kasus-Kasus Pelanggaran HAM, serta Konsultan Hukum Pemerhati HAM Nieke Mascrulah dengan materi Pemahaman Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang HAM dan Impelementasinya, dan Kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta dengan Penerapan Norma Standar HAM dan Implementasinya, tambah Abdul Salam.

( Amin Hidayat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar