Minggu, 09 Desember 2012

KPAI Gelar Penyuluhan PABM Di Kelurahan Warakas



Jakarta-KOMITE Penanggulangan AIDS Indonesia ( KPAI ) Kota Adminisitrasi Jakarta Utara melaksanakan Sosialisasi Penyuluhan Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat (PABM), di ruang LMK Kelurahan Warakas Lantai II, Kantor Kelurahan Warakas Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (10/12) pagi. Hadir sebagai nara sumber dari KPAI DKI Jakarta Imam Pribadi, serta Ketua LSM Karisma, Ahmad.

Seusai acara Kepala KPAI Kota Administrasi Jakarta Utara, Atma Sanjaya, menjelaskan pengguna narkoba suntik itu ada dimasyarakat, dan pengunanya seperti gunung es, dimana para pengunanya tidak mau muncul ke permukaan untuk mengaku bahwa mereka penguna narkoba jarum suntik.

Oleh karena itu, mereka (penguna narkoba jarum suntik) ada dimasyarakat, maka kita anggap pak RT, pak RW, LMK dan lurah adalah orang yang paling dekat dengan masyarakat, ujar Atma Sanjaya.  

Bagi para penguna narkoba jarum suntik narkoba tersebut, masih kata Atma Sanjaya, dimana mereka kita rekrut dan kita kumpulkan dalam satu wadah  untuk selanjutnya dilaksanakan pemulihan.

Langkah pemulihan tersebut, jelas Atma Sanjaya, pertama memulihkan kecanduhan narkobanya tersebut agar mereka tidak terus menerus menggunakan narkoba, langakh kedua, yaitu tidak lagi menggunkana narkoba jarum suntik. Menginagt dampak dari penggunaan jarum suntik narkoba dapat berakibat fatal seperti HIV AIDS.

Untuk tahun 2012 ini, PABM baru kita gerakan di Kelurahan Warakas sebagai percontohan. Jika ini berhasil maka hal ini akan kita kembangkan di Jakarta Utara,  tambah Atma Sanjaya.

Acara tersebut di hadiri perwakilan pengurus RT dan RW se-Kelurahan Warakas, Aparat Pemerintah Kelurahan Warakas serta LMK.

(Amin Hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar