Senin, 10 Desember 2012

Ratusan Rumah dan Satu Pabrik Hangus Terbakar

Jakarta-Ratusan rumah padat penduduk dan satu pabrik kimia di Jalan Kapuk Utara I Gang Berdikari 11 di RW 03 dan 04, Penjarinagan Kota Administrasi Jakarta Utara, ludes terbakar, sekitar pukul 02.10 WIB, Selasa (11/12) dini hari.

Api dengan cepat merambah dan membakar rumah-rumah warga karena umumnya terbuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar," kata Kapolsek Penjaringan AKBP Aries SIK.

Menurut Aries, sebanyak 24unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk memblokade kobaran api agar tidak meluas.

"Selain berupaya memblokade kobaran api agar tidak meluas, petugas pemadam kebakaran juga melokalisir kebakaran agar tidak merambah ke pabrik-pabrik yang berada di lokasi sekitar kebakaran," ujar dia.

Ia mengatakan lokasi kebakaran berada di kawasan padat penduduk dan jarak rumah warga yang sangat berdekatan, akses jalan yang sempit serta tidak adanya akses hidran umum menjadi hambatan petugas memadamkan kobaran api.

"Kebakaran tersebut kurang lebih menghanguskan 500 rumah petakan rumah," ujar dia.

Ia mengatakan api baru bisa dikuasai sekitar pukul 04.00 WIB setelah 24 unit mobil pemadam kebakaran di kerahkan di lokasi. Dari data sementara, terdapat ribuan orang dari 400 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal, kata dia.

Polisi lanjutnya masih menyelidiki asal api dan penyebab pasti kebakaran di kawasan pemukiman padat tersebut.

" Ada tiga korban jiwa atas peristiwa ini. Satu korban tertusuk paku dan dua orang lainnya terkena luka bakar ringan yang sudah dirujuk ke RS Atmajaya. Kami belum mengetahui penyebab pasti dan asal api sebab kami masih meminta keterangan dari warga yang pertama kali melihat kobaran api," kata dia.


( Amin Hidayat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar