Jumat, 07 Desember 2012

Target 30 persen RTH DI DKI, Menhut Dukung Gubernur DKI

Jakarta-Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mendukung program Gubernur DKI Joko Widodo untuk mewujudkan Jakarta memiliki 30 persen ruang terbuka hijau. Menurut Zulkifli, ruang terbuka hijau bisa mencegah polusi.

"Kami berharap minimal di kota Jakarta dan Indonesia, ruang terbuka hijau ada 30 persen. Mudah-mudahan dengan ruang terbuka hijau ini kita bisa melakukan penghijauan salah satunya pagar tembok diganti dengan pagar tanaman hias," papar Zulkifli.

Hal itu disampaikannya usai acara penanaman pohon trembesi di Taman kota Yos Sudarso, Plumpang Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja Kota Admnistrasi Jakarta Utara, Sabtu (8/12/2012).

Menurut Zulkifli dengan adanya ruang terbuka hijau yang memadai, nantinya Jakarta seperti memiliki hutan kota. "Sekaligus tempat rekreasi untuk mencegah polusi," papar Zulkifli Hasan.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta dalam kegiatan tersebut menjelaskan, ingin menjadikan Jakarta bagaikan hutan kota nan lebat. Ia bahkan siap memborong berhektar-hektar tanah di Ibukota untuk merealisasikan penghijauan.Caranya bagaimana, Pak tanya wartawan ? "Beli lahan sebanyak-banyaknya dan segera dikerjakan," jawab Jokowi yang mengenakan kemeja lengan pendek warna putih dan hijau ini penuh semangat.

Menurut Jokowi, berbagai jenis pohon akan ditanam di Jakarta. "Semua, angsana yang cepet tumbuh dulu, baru diikuti tanaman estetika, kemudian tanaman yang produktif," kata Jokowi.

"Stimulus warga untuk tanam pohon, pemprov tiap tahun beli lahan. Tahun depan di lahan BMW kira-kira 30 hektare. Di Riario 15 hektare, Pesanggrahan 8 hektare," katanya.

Jokowi mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus untuk melakukan pembebasan tanah untuk ruang terbuka hijau. Menurut Jokowi semakin banyak tanah yang terbuka akan semakin bagus.

"Semakin banyak tanah maka semakin baik. Entah itu untuk bikin RTH (ruang terbuka hijau), atau untuk keperluan yang lain," ujar mantan wali kota Solo ini.

"Ya, sudah sering saya sampaikan RTH, pohon, tanaman di Jakarta ini masih sangat kurang, diperlukan tambahan ideal 20 plus 10 persen jadi 30 persen kita targetkan," terang Jokowi.

(Amin hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar