Senin, 14 Januari 2013

DPD RI Kunjungi Balai Kota


Jakarta-Untuk mengetahui kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam 3 bulan masa kepemimpinannya, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta, mengunjungi Balaikota DKI Jakarta, Senin (14/01/2013). Kunjungan Anggota DPD RI ini disambut hangat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo beserta jajarannya. Dalam kunjungan kerja tersebut, anggota DPD RI memberikan masukan dan menanyakan beberapa permasalahan yang terjadi di DKI Jakarta diantaranya terkait kebijakan pembangunan 6 ruas jalan tol, serta status kependudukan warga Tanah Merah Jakarta Utara.

Sesuai pertemuan, Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, menjelaskan tentang Tanah Merah, setelah resmi dibentuk pengurus RW dan RT, pendataan penduduk untuk penerbitan KTP hingga saat ini  masih terus dilakukan.

"Pendataannya sudah dilakukan, dan saat ini masih berjalan di lapangan," kata Joko Widodo  (Jokowi) usai menerima kunjungan kerja DPD RI di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (14/1).

Menurutnya, semua keperluan administrasi untuk penerbitan KTP sudah dibentuk dua pekan setelah kunjungannya ke Tanah Merah. Dia berharap pendataan dapat segera dirampungkan sehingga pembuatan KTP DKI bagi warga Tanah Merah dapat secepatnya dilakukan.

"Begitu saya turun lapangan, langsung dikerjakan. Begitu dua minggu mulai pemetaan dulu untu RT dan RW-nya. Sekarang RW dan RT sudah dibentuk dan  berjalan di sana. Hanya saja KTP yang belum dibuat. Tapi pasti akan dibuatkan untuk mereka," ujarnya.

Pemberian KTP bagi warga yang tinggal di lahan ilegal, menurut Jokowi merupakan langkah yang sudah tepat. Sebab dirinya melihat warga yang umumnya sudah tinggal lebih dari 20  tahun di lahan tersebut, tetapi belum diakui sebagai warga Jakarta, karena belum mempunyai KTP DKI.

Namun, dikarenakan lahan yang ditempati masih belum jelas, Jokowi menegaskan pemberian KTP kepada belasan ribu warga Warga Tanah Merah tersebut, tidak serta merta membuat tanah tersebut menjadi milik warga.

Selain akan memberikan KTP DKI Jakarta kepada warga Tanah Merah, Jokowi juga akan memberikan KTP kepada warga di kawasan lain di DKI Jakarta yang  bernasib sama seperti warga Tanah Merah. Sebab kasus yang sama juga terjadi di Kampung Sawah, dan Kampung Beting, Jakarta Utara. .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar