Kamis, 24 Januari 2013

Gatal-Gatal Dan ISPA Dikeluhkan Korban Banjir



Jakarta-Banjir yang melanda Kota Administrasi Jakarta Utara sejak sepekan lalu, membuat kesehatan warga menjadi menurun. Dari sejumlah warga tersebut, mayoritas terkena penyakit gatal dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Sedangkan selebihnya terkena penyakit lain seperti demam, batuk, pusing, pilek, dan maag.

Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Bambang Suheri mengatakan, dari 11 ribu pasien yang datang ke 6 posko kesehatan yang disediakan pihaknya, 50 persen atau 5.500 pasien menderita gatal-gatal. Sedangkan, 4.950 pasien atau 49 persennya menderita ISPA, dan 550 pasien lainnya atau 1 persennya menderita peyakit demam, batuk, pusing, pilek, dan maag.

"Stok obat masih cukup, karena dari dinas maupun Kementerian Kesehatan juga menyalurkan obat-obatan untuk korban banjir. Jenis obat bermacam-macam, seperti antibiotik, amoxilin, analgesik, sirup, salep kulit, dan lain-lain," ungkapnya.

Data tersebut berdasarkan laporan di 6 posko pelayanan kesehatan, seperti RW 01 Pluit, RW 05 Cometa Futsal Pluit, Puskesmas Penjaringan, dekat kantor Kelurahan Pejagalan, Rusun Muara Baru, dan Puskesmas Kapukmuara. Hingga malam ini sekitar 11 ribu pasien yang berobat, diperkirakan akan bertambah lagi mengingat banjir belum surut di sejumlah wilayah Pluit, Muara Baru, dan Kapukmuara," ujar Bambang, Kamis ( 24/01/2013).

Masih diungkapakan Bambang,  dari 11 ribu pasien yang berobat itu, sedikitnya 10 persen diderita pada anak-anak, dan 90 persennya diderita orang dewasa dan lanjut usia. Selain itu, 21 pasien dirujuk ke rumah sakit.

( Amin Hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar