Senin, 14 Januari 2013

Nasi Bungkus Bagi Warga Kapuk Muara Terkena Rob


Jakarta-Untuk meringkan warga Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Administrasi Jakarta Utara yang terkena rob ( naiknya air laut ke darat), sejak kemarin hingga sekarang, Pemerintah Kota telah mendirikan dapur umum, guna mengirim nasi bungkus kepada warga  korban rob.

Kepala Suku Dinas Sosial, Ika Lestari Adji, saat dihubungi Senin (14 Januari 2013), menuturkan pembuatan dapur umum ini, karena ada permintaan dari Lurah Kapuk Muara, Sugiharjo Timbo, kepada pihak Sudin Sosial . Permintaan tersebut, menurut  Ika untuk mengirim sekitar 700 nasi bungkus.bagi warga yang terkena rob di Kapuk Muara.

“Sehari dikirim  dua kali nasi bungkus, siang dan sore hari,  menunya kadang telor dengan sayuran, dan daging ayam juga dilengkapi dengan sayuran. Kemarin Minggu (13 Januari 2013), sebanyak 700 nasi bungkus telah disalurkan kepada warga, yang tersebar di 3 RW di Kelurahan Kapuk Muara” kata Ika Lestari Adji.

Masih diungkapkan Ika, untuk lokasi dapur umum untuk memasak tersebut, berada  di Lantai 8 Gedung Parkir Kantor Walikota Jakarta Utara, dengan melibatkan 20 petugas Tagana (Tanggap Bencana) yang telah di didik .

“Dapur Umum ini kami siagakan selama 3 hari, sampai Selasa (15 Januari 2013), namun jika masih ada permintaan dari lurah., maka dapur umum ini kami perpanjang hingga seminggu,” terang Ika Lestari Adji.

Sementara itu, Lurah Kapuk Muara, Sugiharjo Timbo, menjelaskan genangan rob yang terjadi sejak kemarin, akibat belum selesainya peninggian tanggul sekaligus penurapan tanggul yang berlokasi di RW 01 dan 04.belakang Pasar Goyang.  

Di dua lokasi tersebut, terang Timbo, air masuk ke rumah warga, sejak Minggu kemarin, mencapai 60 cm di jalan, sedangkan ketinggian di rumah warga bisa lebih dalam lagi, namun sekarang berangsur –angsur surut.  

Setidaknya dengan adanya bantuan tersebut akan meringankan beban warga. Setelah genangan mengering, saya menghimbau warga, agar warga membersihkan  lingkungan. Langkah bersih-bersih tersebut untuk menghindari penyakit, seperti gatal – gatal. Selain itu juga, kami juga menghimbau warga untuk membiaskan mencuci kaki dan  tangan dengan sabun, tambah Sugiharjo Timbo.  

Dalam kesempatan itu juga, Timbo engharapkan kepada pihak  PU, untuk segera menindaklanjuti permintaan warga,  untuk segera menyelesaikan peninggian tanggul yang belum diturap, karena dari situlah air masuk ke perkampungan warga, tambah Timbo.

Teks Foto : Petuags Tagana dari Sudin Sosial sedang menyiapkan nasi bungkus bagi warga korban rob di Kelurahan Kapuk Muara, Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar