Senin, 21 Januari 2013

Pemprov Relokasi Warga Bantaran Waduk Pluit


Jakarta-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, pihaknya akan terus menambah rumah susun (rusun) dalam rangka menampung warga yang berada di bantaran Waduk Pluit.

"Kami siapkan 1200 rumah susun full furnished. Jadi tinggal bawa badan," kata Basuki di Balaikota, Jakarta, Senin (21/1/2013).

Rumah susun dengan tipe dua kamar tidur tersebut akan dibangun di Pulogebang, Pegadungan dan Marunda. Pembangunan ini juga dalam rangka menambah 200 rumah susun yang dijelaskan Basuki sudah siap.

Basuki menambahkan, nantinya rumah susun tersebut juga dilengkapi fasilitas seperti sekolah, balai kesehatan dan fasilitas lainnya untuk memudahkan warga yang pindah memperoleh pendidikan dan layanan kesehatan yang mudah diakses.

Kondisi Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang makin menyempit dengan maraknya bangunan liar menjadi salah satu pemicu tingginya banjir di kawasan tersebut. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan membuat solusi permanen bagi penduduk setempat dengan merelokasinya ke rumah susun (rusun).

"Yang masuk Waduk Pluit luas areanya 80 hektar, itu sebenarnya milik pemprov. Tapi yang terjadi rumah-rumah liar ada 1.500 jiwa, dan itu ternyata disewakan oleh pihak lain," ujar Basuki T Purnama, Senin (21/1).

Menurut Basuki, jarak wilayah tersebut hingga ke laut hanya 1,7 kilometer. Karena itu, perlu ada solusi yang permanen dengan merelokasi warga tersebut. Salah satu solusi yang akan diambil, yaitu pemprov akan menyiapkan rumah susun lengkap dengan furniture bagi warga kurang mampu tersebut. "Tapi sebelumnya kita tampung dahulu di Cometa Arena. Kita siapkan 1.200 rumah susun full furnished. Kalau ini tinggal bawa badan, kita siapkan kulkas, celana dalam, dan sembako," paparnya.

Anggaran untuk memindahkan sekitar 1.500 jiwa warga Pluit itu, lebih dari Rp 70 miliar. Dari rencana 1.200 unit rusun, saat ini baru siap 200 unit. Bukan hanya itu, di rumah susun juga akan diberikan fasilitas bus, ambulans, sekolah, serta balai kesehatan masyarakat, tambah Ahok.

( Amin Hidayat ) 

Teks Foto : Basuki T. Tjahya Purnama bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Muhammad Iqbal menemui warga Pluit, Minggu ( 20/01/2013 ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar