Selasa, 08 Januari 2013

Sudin Pertamanan Perbaiki 58 Taman Di Tahun 2013


Jakarta-Suku Dinas Pertamanan Kota Administrasi Jakarta Utara berencana memperbaiki 58 taman pada tahun anggaran 2013 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 19 Miliar.

"Meski ada pengurangan anggaran, kami tetap lakukan perbaikan dan perawatan taman secara isidentil. Contoh, jika sebelumnya melakukan perawatan setiap hari, kini 3-4 hari sekali. Selain petugas kami berkeliling taman, kami juga melibatkan masyarakat 1 atau 2 orang untuk merawat dan menjaga taman. Total taman di Jakarta Utara sebanyak 155 taman dan 97 diantaranya telah diperbaki,  ujar Heru Bambang Ernanto, Kepala Sudin Pertamanan Jakarta Utara, Selasa (8/1).

Masih dikatakan Bambang Heru ernanto, dari total 155 taman di Jakarta Utara, 97 diantaranya telah diperbaiki dan 58 taman akan diperbaiki pada tahun ini. "Usulan anggaran tadinya Rp 21 miliar, tapi menyusut menjadi Rp 19 miliar. Biaya itu untuk perawatan dan pemeliharaan 155 taman 84 jalur hijau," katanya.

Puluhan taman yang tak terawat itu, kata Heru, kebanyakan terdapat di wilayah Cilincing sebanyak 27 taman, 2 taman di Kelapagading, dan selebihnya 19 taman di kawasan Tanjungpriok, Penjaringan, Pademangan, dan Koja. "Perbaikan taman itu nantinya akan membersihkan sampah maupun menghapus coretan seperti diinstruksikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo," katanya.

Tahun 2012, kata Heru, pihaknya telah melakukan perawatan 97 taman dan 84 jalur hijau dengan anggaran pemeliharaan sekitar Rp 10 miliar hingga Rp 11 miliar. Selain itu, pemangkasan pohon sebanyak 1.686 pohon yang dinilai rawan tumbang, mudah patah, keropos, dan sudah tua.
 
Ribuana pohon yang dipangkas itu berada disejumlah titik rawan pohon tumbang, seperti di Jl Yos Sudarso, Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Danau Sunter Barat, Jl Danau Sunter Selatan, dan Jl Plumpang Semper, terang Heru, panggilan akrab Bambang Heru Ernanto.

Lebih jauh ia juga menjkelaskan, pihaknya juga mencatat, selama tahun 2012 terdapat 55 pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang, serta pohon yang kondisinya keropos dan lapuk. Tak hanya itu, sebanyak 207 pohon juga mengalami sempat pada tahun 2012.

Untuk penanaman pohon, tahun lalu telah ditanam sebanyak 3.806 pohon ditepi Jl Yos Sudarso dan Jl RE Martadinata, serta taman Rusun Marunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar