Selasa, 12 Februari 2013

BNP2TKI Akan Bangun Kampung TKI Di Kalibaru


Jakarta-BALAI Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan membuat Kampung TKI untuk warga Kelurahan Kali Baru Kecamatan Cilincing Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai rasa kepedulian BNP2TKI terhadap warga Jakarta Utara. Niat baik ini dikemukakan Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, Arini Rahyuwati di dampingi Kepala BP3TKI Ciracas, Delta dan Kasi Perlindungan BP3TKI Jakarta, Yull Evira Yulinda saat beraudiensi dengan Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, di Ruang VIP Lantai 2, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (12/02/2013). .
Arini menjelaskan bahwa dinamika usaha para pahlawan devisa di Kelurahan Kali Baru Kecamatan Cilincing Jakarta Utara merupakan potensi ekonomi yang telah meningkatkan kesejahteraan para TKI purna namun juga masyarakatnya. Ratusan usaha mikro dari jajanan kue, warungan, ikan basah dan ikan asin hingga nelayan laut telah merubah wajah kota kumuh berlahan menjadi kota tersibuk di pinggiran pantai utara Jakarta.
Sementara itu, Kepala BP3TKI di Ciracas, Delta mengatakan, dicanangkannya Kampung TKI diperuntukan untuk memberikan berbagai macam pembinaan untuk warga Jakarta Utara yang merupakan salah satu bentuk kepedulian BPNP2TKI. "Melalui pencanangan di Kelurahan Kali Baru dan melakukan pembinaan ini tentunya agar bisa mengatasi pengangguran sehingga dapat mensejahterakan TKI Purna," ujar Delta.
Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono merespon positif. "Di Cilincing memang banyak sekali mantan TKI. Dimana TKI Purna membutuhkan pemberdayaan untuk usaha disana dan saya berterimakasih adanya kegiatan seperti ini dan saya rasa pas di bentuknya kampung TKI di Kali Baru, tutur Walikota di ruang VIP, Kantor Walikota.
Ia juga menjelaskan, selain ada beberapa TKI yang bermukim disana, ada juga namanya kampung nelayan yang perlu di tingkatkan kesejahteraannya. "Disana ada kampung nelayan, semoga pembinaan ini tidak hanya difokuskan kepada TKI saja melainkan nelayan juga ikut dibantu, yang terpenting semua itu untuk kesejahteraan masyarakat sekitar," tambah Walikota.

( Amin Hidayat ) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar