Senin, 18 Februari 2013

Tinjau Sungai Pakin, Jokowi Turut Bagikan Perlengkapan Sekolah


Jakarta-Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat menijau proses pengerukan Sungai Kali Pakin, Penjaringan, Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (18/02/2013) mengatakan  pengeruikan pengerukan yang dimodali oleh bantuan swasta ini dilakukan untuk menjadi contoh sebelum semua sungai dikeruk menggunakan APBD yang akan segera dicairkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Sebagian warga yang tinggal di bantaran kali itu, kata Jokowi, saat ini sudah direlokasi ke rumah susun Marunda. "Agar tidak ada lagi rumah-rumah bedeng di bantaran kali, itu tugasnya Satpol PP untuk terus melakukan pengawasan," terangnya.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, Sungai Pakin akan dikeruk sampai kedalamannya mencapai lima meter. Sedimentasi yang mengendap akan dibuang, atau diberikan pada pihak yang mau mengelolanya.
Pengerukan sungai ini menjadi momentum dimulainya program normalisasi sungai. Hal ini dilakukan supaya aliran air ke Waduk Pluit dapat lebih lancar.


"Karena sungai ini airnya berasal dari seluruh kota, masuk sini semua. Kalau enggak lancar nanti kejadian seperti kemarin (banjir). Sungainya sudah dalam posisi ideal, tapi enggak pernah ada pemeliharaan puluhan tahun enggak pernah diapa-apain," ujar Jokowi panggilan akrab Joko Widodo.


Selain meninjau pengerukan kali, Jokowi juga membagikan perlengkapan sekolah berupa tas dan buku tulis kepada ratusan siswa sekolah dasar yang tinggal di sekitar Kali Pakin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar