Atmiral Faizal dalam One Day Service |
Menurut Kepala Kantor BPN Jakut,
Atmiral Faisal mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk
memberikan pelayanan terbaik dan cepat bagi masyarakat yakni sosialisasi,
ajudikasi, prona, dan larasita ( layanan rakyat untuk sertifikat tanah ), serta
layanan lanjut usia. Selain itu model pelayanannya juga ditingkatkan, misalnya
dengan one day service, quick wins, serta layanan jemput bola terutama untuk
daerah Pulau Seribu.
“Di Pulau Seribu kami melakukan
layanan jemput bola karena minimnya sarana transportasi masyarakat di sana . Sekarang kami
sedang memproses 100 prona di Pulau Seribu dan 10 ajudikasi khusus di Pulau
Tidung,”kata Faisal, saat berbincang di ruang kerjanya, Rabu (29/04/2014).
Salah satu layanan menarik dari
Kantor Pertanahan Jakut adalah layanan lanjut usia. Warga yang berusia 60 tahun
atau lebih dapat menelpon atau SMS ke Kantor BPN Jakut dan petugas akan datang
ke alamat warga tersebut.
“Jadi petugas kami yang datang ke
sana . Pemohon
yang sudah lanjut usia tidak perlu bolak-balik ke sini,”katanya.
One day service, seperti di
jelaskan Faizal, masih dibarengi layanan quiqk wins atau layanan cepat. Untuk
jenis permohonan tertentu, dapat diselesaikan dalam satu hari atau bahkan dalam
hitungan jam. Permohonan Hak Tanggungan ( Roya ) diselesaikan dalam satu hari.
Sedangkan pengecekan sertifikat, yang termasuk dalam model layanan quiqk wins
dapat diselesaikan dalam tempo delapan jam.
“Tetapi tentunya kalau
persyaratannya sudah lengkap. Selama bulan Maret lalu, untuk layanan quiqk wins
ini kami dapat menyelesaikan sebanyak 1.868 permohonan dari sebanyak 1.896
permohonan secara tepat waktu yakni delapan jam. Artinya, sudah mencapai 98,52
persen dari target,” jelas Faisal.
Untuk layanan peralihan Hak Atas
Tanah karena jual-beli, sesuai dengan Standar Operasional Prosedure yakni lima
hari, selama bulan Maret lalu, Kantor BPN Jakut berhasil menyelesaikan 518
berkas dari 566 permohonan ( 91,52 persen). Sedangkan untuk peningkatan hak
yang ditargetkan lima
hari dapat menyelesaikan sebanyak 132 berkas dari 303 permohonan ( 43,56 persen
).
Faizal mengimbau kepada masyarakat untuk datang mengurus
sendiri keperluannya ke Kantor BPN Jakut dan jangan melalui calo. “Kami akan
memberikan pelayanan terbaik dan cepat,” katanya.
Faizal menampik adanya kesan bahwa urusan di Kantor
Pertanahan biasanya lebih cepat kalau melalui calo atau orang ketiga daripada
mengurus sendiri.
“Itu namanya image. Ada
yang menciptakan kesan seakan-akan Kantor BPN Jakut itu menyeramkan, atau tidak
sesuai dengan yang diharapkan. Tapi buktinya dalam layanan Larasita, one day
service, quiqk wins dan sebagainya kami dapat melayani tepat waktu,’tambah dia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar