Jakarta-Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, Kelurahan
Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut), membenahi pelayanan
kepada warga. Warga yang dulu dilayani di kelurahan dengan sistem loket, kini
mereka bisa bertatap muka langsung dengan petugas pelayanan layaknya di bank.
”Pelayanan tatap muka dilakukan untuk menghindari pungli. Sebab,
sebelumnya pelayanan hanya menggunakan lubang loket untuk mengurus berbagai
adminsitrasi,” kata Lurah Papanggo, Arahap.
Untuk memberikan kenyamanan kepada warga, ruangan kantor kelurahan juga
telah dilengkapi AC dan menggunakan sistem nomor antrean elektronik. Namun,
jika warga masih tidak puas dengan pelayanan, pihaknya menyediakan sarana
pengaduan lewat SMS, email ke pengaduan papanggo@gmail.com, dan kotak saran di depan pintu ruang
pelayanan. ”Kami akan menanggapi keluhan warga itu,” janji Arahap.
Darmawan (43), warga RW 01, Papanggo, mengaku senang dengan perubahan model
pelayanan tersebut. ”Bagus juga, Pak, karena tempatnya pakai AC, nyaman, dan
bersih. Selain itu, pelayanan ini bisa menghindari pungli karena pelayanan ini
gratis,” tandasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar