Selasa, 01 Januari 2013

LMK dan Warga RBU Akan Kembangkan Budidaya Cacing Tanah


Jakarta- Berkat ketekunan dan kekompakan serta kerjasama warga, Lembaga Musyawarah Kelurahan ( LMK) serta pengurus RT dan RW dilingkungan RW 03 Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja Kota Administrasi Jakarta Utara, saat di RT 02/03 telah hadir Saung Jaya, yang didalamnya tumbuh berbagai jenis tanaman toga serta tempat pengembang biakan ikan yaitu ikan lele dan ikan mas.

Menurut anggota LMK RW 03, Sulaeman, menjelaskan dulunya lokasi ini adalah tempat pembuang sampah, dengan kerja keras dan ikhlas serta dalam suasana kekeluargaan, maka saat ini telah berdiri Saun Jaya, yang telah berdiri sejak 6 bulan yang lalu.

Di Saung Jaya, telah ada jenis tanaman obat untuk keluarga (toga), seperti Sirih Merah, Ginseng, pandan, dan Kunyit. Jenis tanaman yang paling banyak diambil warga sekitar yaitu pandan.Sedangkan untuk budidaya ikan lele di Saung Jaya telah dilakukan panen ikan lele, yang mana hasilnya dimanfaatkan oleh warga sekitar sini, belum lama ini. Saung Jaya bisa terwujud berkat adanya swadya masyarakat. Dan kedepan warga bersama pengurus RT dan RW akan mengembangakan budidaya Cacing Tanah, dimana budidaya Cacing Tanah tersebut akan didanai melalui dana PNPM Mandiri Perkotaan,  terang Sulaeman, Rabu (01/01/2013).

Dakui oleh Sulaeman, bahwa hasil budidaya tanaman dan budidaya ikan baik lele maupun ikan mas belum maksimal, untuk itu saya berharap agar pihak terkait dapat memberikan penyuluhan kepada kami dalam rangka pengembangan budidaya tanaman toga serta budidaya ikan.

"Kami sangat medukung langkah inovatif dari warga, LMK serta pengurus RT dan RW yang tengah menyempurnakan Saung Jaya," terang Jadi (45), warga saat ditemui dilokasi Saung Jaya, Rabu (02/01/2013).

( Teks Foto : Sulaeman sedang menyiram tanam di Saung Jaya, Kelurahan RBU, Koja, Jakarta Utara).

(Amin Hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar