Kamis, 31 Januari 2013

Waspadai Penyakit Pasca Banjir

Jakarta-Pasca banjir berbagai penyakit berpotensi munculnya sejumlah penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. Ini dikarenakan, air yang biasanya untuk konsumsi atau untuk kebutuhan sehari - hari telah tercemar dengan berbagai limbah yang yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, Bambang Suheri menuturkan, memang tidak bisa dipungkiri air banjir yang menggenangi sejumlah pemukiman penduduk bisa dipastikan memicu munculnya wabah penyakit.

Menurutnya penyakit yang biasa dijumpai ketika paska banjir di antaranya adalah diare, karena berkaitan kebersihan individu.  Di samping itu, pada saat banjir biasanya sarana penunjang hidup serba terbatas. Itu juga termasuk ketersediaan air bersih yang berpotensi menimbulkan penyakit diare, kata Bambang, Kamis (31/01/2013).

Selanjutnya adalah penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan atau binatang.

"Biasanya yang menjadi hewan penular adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya dan berkontaminasi dengan genangan dan ini akan menjadi embrio penyakit jika seseorang memilki luka terbuka dan terkena air kotoran dari tikus tersebut berpotensi terinfeksi dan jatuh sakit," paparnya.

Penyakit lainnya yang juga bisa diakibatkan oleh banjir adalah Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yang disebabkan adalah bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya.

Bambang Suheri menjelaskan, dampak - dampak semuanya itu nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat, agar mereka waspada. "Kemudian apa yang dilakukan ketika pasca banjir yaitu mengimbau agar masyarakat melakukan kegiatan kebersihan utamanya di lingkungan tempat tinggal masing - masing," tandasnya.

Tempat terpisah, warga bersama aparat Pemerintah Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pasca banjir telah melaksanakan kerja bakti dengan cara membersihkan tumpukan sampah, maupun lumpur secara bersama-sama. Disampingi itu juga beberapa instansi swasta, seperti PT. Astra Internasional menggelar klinik kesehatan gratis bagi warga untuk memeriksakan kesehatannya.


Teks Foto : Warga Warakas memfaatkan klinik pengobatan umum yang dilaksanakan oleh Pt. Astra di RW05, baru-baru ini, guna memeriksakan kesehataanya pasca banjir
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar