Rabu, 20 Maret 2013

607 Warga Ancol Manfaatkan Dana KJK PEMK

Jakarta-Sebanyak 607 warga Ancol telah memanfaatkan dana bergulir Pemda DKI Jakarta melalui program KJK PEMK (Koperasi Jasa Keuangan-Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dibawah naungan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut lebih dari Rp 1,5 M dana koperasi tersebar di 5 RW yaitu RW 01, 02, 04, 05 dan RW 08 Ancol.

"Sejak koperasi ini berdiri kami telah memiliki 607 anggota dengan nominal pinjaman yang beragam. Paling kecil Rp 2 juta dan paling besar Rp 5 juta. Total dana koperasi yang berada di masyarakat lebih dari Rp 1,5 M," ujar Ketua KJK PEMK Ancol, Dahlan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2012, di ruang pola Kantor Kelurahan Ancol, Rabu 20 Maret 2013.

RAT yang di hadiri perwakilan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, Ardin Purba, Kasudin UMKM Jakarta Utara Sumardi, Camat Pademangan M Efiskal, Sekcam Fredy Setiawan, Lurah Ancol Arahap, tokoh masyarakat Sukirno dan pengurus serta para anggota KJK Ancol.

"Pemanfaat umumnya pelaku usaha mikro seperti warung sembako, makanan ringan, kelontong dan lainnya. Besarnya pinjaman palin sedikit Rp 2 juta dan paling besar Rp 5 juta. Sistem pembayaran, kami terjunkan sejumlah petugas untuk door to door tujuannya agar masyarakat tidak perlu bolak-balik datang ke kantor kami di Kelurahan. Tinggal tunggu di rumah petugas akan datang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Utara, Sumardi, turut memberikan apresiasi atas berjalannya RAT KJK PEMK Ancol. ""Koperasi kita masih balita dan masih perlu banyak belajar serta memerlukan kritik maupun saran yang membangun. Kami berharap kedepan koperasi ini semakin maju dan berkembang," harapnya.

Adanya 607 Anggota Koperasi di Ancol, menurutnya itu suatu kemajuan yang cukup pesat. "Di Kelurahan lain jumlah anggotanya tidak sebanyak disini. Apalagi tingkat pengembalian masyarakat sebagai pengguna koperasi cukup bagus, artinya lebih dari 90 persen tingkat pengembalian pemanfaat," katanya.

Ny.Fatimah, 45, salah seorang pemanfaat KJK PEMK Ancol yang berdomisili di lingkungan Rt 05 RW 04, mengaku telah tiga tahun menjadi anggota koperasi tersebut. "Saya dagang nasi uduk, lontong, lopis dan ketan. Alhamdulillah selama menjadi anggota koperasi usaha saya semakin beragam dan mulai ada perkembangan," katanya. 

( Amin Hidayat

Teks Foto : Camat Pademangan M. Efiskal memberikan sambutan dalam acara RAT KJK PEMK Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar