Rabu, 30 Oktober 2013

Antisipasi Musim Hujan, Sudin PU Tata Air Jakarta Utara Pasang CCTV di Titik Strategis


Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakut
Jakarta-Sejumlah cara terus diupayakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengantisipasi musim penghujan yang diprediksi akan datang pada bulan Oktober-Desember. Salah satunya pemasangan CCTV dibeberapa lokasi strategis, seperti di pintu air maupun stasiun pompa. 


Kepala Sarana dan Prasarana Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna menuturkan, pamsangan CCTV tersebut rencananya akan di pasang di pompa Bimoli, Sindang, Pinang, Cilincing, Pluit, dan Kapuk.

Untuk pintu air Sunter tidak dipasang CCTV, mengingat dilokasi tersebut tidak ada sinyalnya,” terang Kuryatna, disela-sela penertiban bangunan liar di RW 16 Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu ( 30/10/2013) . 

Lebih jauh diuraikan Kuryatna, pemasangan CCTV hingga saat ini baru tahap lelang, dan jika sudah terpasang hal tersebut segera kita laporkan ke Dinas PU Pemprov DKI Jakarta. 


Sebelumnya, berkaitan dengan pemasangan CCTV, Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudi Siahaan mengatakan, saat ini Dinas PU DKI sedang memproses pemasangan CCTV di beberapa titik strategis. Tujuan pemasangan CCTV itu agar dapat memonitor tinggi muka air, kondisi pompa, dan mekanisme petugas pompa di lapangan. 


Manggas menargetkan, akhir Desember tahun ini Dinas PU DKI sudah selesai memasang CCTV di sekitar 130 rumah pompa. "Nantinya, terkontrol diruangkan, bisa diakses juga ke ruangan Gubernur dan ruangan Wagub," kata Manggas, belum lama ini. 


Anggaran pengadaan dan pemasangan CCTV itu ada di tiap-tiap suku dinas. Anggaran paling banyak terdapat di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Anggaran CCTV untuk satu rumah pompa sekitar Rp 8-10 juta. 


Anggaran itu, kata dia, sudah masuk ke dalam pos pemeliharaan sarana dan prasarana di setiap Sudin PU. Dinas PU DKI hanya bertindak sebagai supervisor. Satu rumah pompa minimal dipasangi empat CCTV dan maksimal delapan CCTV. 


Pemasangan banyaknya CCTV juga tergantung besar kecilnya rumah pompa. "Pengerjaannya sudah dilakukan sejak 2-3 minggu yang lalu, sekarang sedang berjalan," ujar Manggas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar