Senin, 10 Februari 2014

Sukapura buka akses pengaduan melalui HP

Jakarta-Keterbukaan informasi pelayanan publik bagi warga di Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, kini telah dikembangkan dengan memanfatkan media telpon genggam atau HP.

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait layanan publik atau mengadu di kelurahan ini bisa langsung mengakses dari tangan mereka.

“Kalau hanya butuh informasi syarat satu layanan di kelurahan, tak perlu datang ke kelurahan. Cukup melalui HP nanti keterangan yang dibutuhkan bisa didapatkan, dimana layanan tersebut bernama short messages service (SMS) gateway,” kata Muhammad Andri, Lurah Sukapura, saat ditemui di kantor kelurahan setempat, Senin (10/02/2014).

Ditambahkan lurah, dengan adanya SMS Gateway ini, diharapkan menjadi forum komunikasi antara pemerintah kelurahan dengan warganya.

SMS gateway, masih kata dia, merupakan sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima SMS yang dapat meningkatkan pelayanan pemberian informasi sesuai kebutuhan warga dengan cepat, dan akurat di manapun pengguna informasi berada.

"Dengan diluncurkannya SMS gateway ini akan menjadi forum komunikasi antara pemerintah kelurahan dengan warga. Dari pihak kelurahan bisa memberikan informasi ke warga, dan sebaliknya. Selain itu, warga juga bisa meminta informasi kepada kelurahan," ungkap dia.

Dalam SMS gateway, ditambahkan lagi oleh dia, pihak kelurahan bisa langsung memberikan informasi, kegiatan, atau undangan, melalui SMS secara serentak kepada pihak-pihak terkait. Disamping itu, warga juga bisa minta informasi untuk keperluan administrasi.

Selain itu, SMS gateway juga bisa dijadikan polling penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah kelurahan terhadap masyarakat.

“Layanan ini sudah ada sebelum dia menjabat sebagai lurah disini namun belum digunakan, dan sejak saya menjabat baru layanan ini diaktifkan,“ terang mantan Lurah Koja, Jakarta Utara itu.

Rani (30), salah seorang warga mendukung langkah penerapan teknologi maju ini.

“Dengan layanan ini tentu saja dapat mendukung program Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yakni Jakarta Baru dapat segera terwujud,” terang dia.   

1 komentar:

  1. Jln cendrawasih Sukapura, depan alfamar cendrawasih Deket kangkungan, KLO jam 12 siang banyak mobil terpakir dijalan bikin macet,
    Tolong ditertibkan dong, biar ga ganggu kendaraan lainnya,

    BalasHapus