Senin, 31 Maret 2014

Lebih Tertata dan Lebih Teduh


Taman di lingkungan Kantor Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara 

Meski setiap detik banyak daun berguguran dan kian banyak ketika angin berhembus dengan kencang, tidak berarti lingkungan Kantor Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dipenuhi sampah berupa dedaunan. Lingkungan kantor ini termasuk salah satu lingkungan kantor yang asri dengan tingkat keteduhan layak adipura.

Tingkat kebersihan dan keindahan yang terjaga, tidak lepas dari tangan Suranta, sang lurah. “Kalau dikatakan karena saya, itu terlalu berlebihan. Yang benar, tugas menjaga kebersihan ini ada pada setiap iundividu staf yang ada di kantor ( kelurahan ) ini, “katanya merendah.

Seorang staf kelurahan Jainal menceritakan, sejak Suranta ditempatkan di Penjaringan pada Agustus 2012 lalu, masalah kebersihan menjadi salah satu perhatiannya. Seiring dengan hal itu, upaya penghijauan dengan penanaman tanaman hias lebih tertata.

“Sudah sejak lama Kelurahan Penjaringan bisa mengolah kompos. Jadi, untuk memupuk tanaman kami tidak beli pupuk,”tambahnya.

Sebelum ditempatkan di Penjaringan, Suranta adalah Lurah Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Warga Rawa Badak Utara mencatat laki-laki ini sebagai lurah yang peduli lingkungan.

Idris Yahya, Ketua RW 09, Kelurahan Rawa Badak Utara membenarkan tingkat kepedulaian Suranta terhadap lingkungan cukup tinggi. Ketika bertugas di Rawa Badak Utara, Suranta sukses mengantar RW 09 di Rawa Badak Utara sebagai juara pertama Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional. Dan ketika bertugas di Penjaringan, Suranta berhasil menghijaukan lingkungan kantor kelurahan dengan berbagai tanaman berbunga.

Tentang lingkungan Kantor Kelurahan Penjaringan yang kian teduh dengan tanaman hias  yang lebih tertata, Suranta menjelaskan, langkah ini untuk memberi contoh pada warga dimana setiap jengkal lahan bisa teduh bila kita pandai memanfaatkannya. Ini juga harus dilihat dalam konteks upaya penghijauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar