Selasa, 29 April 2014

Kantor Pertanahan Jakut Sukses dalam One Day Service dan Quiqk Wins


Atmiral Faizal dalam One Day Service
Jakarta-Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Jakarta Utara ( Jakut ) menargetkan sampai lima tahun ke depan, seluruh bidang tanah di wilayah ini telah memiliki sertifikat. Saat ini dari sekitar 332.346 bidang tanah sudah 296 ribu lebih bidang tanah yang memiliki sertifikat. Sisanya sekitar 35.788 bidang tanah ( atau sekitar 10,7 persen ) yang ditargetkan memiliki sertifikat.

Menurut Kepala Kantor BPN Jakut, Atmiral Faisal mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan cepat bagi masyarakat yakni sosialisasi, ajudikasi, prona, dan larasita ( layanan rakyat untuk sertifikat tanah ), serta layanan lanjut usia. Selain itu model pelayanannya juga ditingkatkan, misalnya dengan one day service, quick wins, serta layanan jemput bola terutama untuk daerah Pulau Seribu.

“Di Pulau Seribu kami melakukan layanan jemput bola karena minimnya sarana transportasi masyarakat di sana. Sekarang kami sedang memproses 100 prona di Pulau Seribu dan 10 ajudikasi khusus di Pulau Tidung,”kata Faisal, saat berbincang di ruang kerjanya, Rabu (29/04/2014).

Salah satu layanan menarik dari Kantor Pertanahan Jakut adalah layanan lanjut usia. Warga yang berusia 60 tahun atau lebih dapat menelpon atau SMS ke Kantor BPN Jakut dan petugas akan datang ke alamat warga tersebut.

“Jadi petugas kami yang datang ke sana. Pemohon yang sudah lanjut usia tidak perlu bolak-balik ke sini,”katanya.

One day service, seperti di jelaskan Faizal, masih dibarengi layanan quiqk wins atau layanan cepat. Untuk jenis permohonan tertentu, dapat diselesaikan dalam satu hari atau bahkan dalam hitungan jam. Permohonan Hak Tanggungan ( Roya ) diselesaikan dalam satu hari. Sedangkan pengecekan sertifikat, yang termasuk dalam model layanan quiqk wins dapat diselesaikan dalam tempo delapan jam.

“Tetapi tentunya kalau persyaratannya sudah lengkap. Selama bulan Maret lalu, untuk layanan quiqk wins ini kami dapat menyelesaikan sebanyak 1.868 permohonan dari sebanyak 1.896 permohonan secara tepat waktu yakni delapan jam. Artinya, sudah mencapai 98,52 persen dari target,” jelas Faisal.

Untuk layanan peralihan Hak Atas Tanah karena jual-beli, sesuai dengan Standar Operasional Prosedure yakni lima hari, selama bulan Maret lalu, Kantor BPN Jakut berhasil menyelesaikan 518 berkas dari 566 permohonan ( 91,52 persen). Sedangkan untuk peningkatan hak yang ditargetkan lima hari dapat menyelesaikan sebanyak 132 berkas dari 303 permohonan ( 43,56 persen ).
Faizal mengimbau kepada masyarakat untuk datang mengurus sendiri keperluannya ke Kantor BPN Jakut dan jangan melalui calo. “Kami akan memberikan pelayanan terbaik dan cepat,” katanya.

Faizal menampik adanya kesan bahwa urusan di Kantor Pertanahan biasanya lebih cepat kalau melalui calo atau orang ketiga daripada mengurus sendiri.

“Itu namanya image. Ada yang menciptakan kesan seakan-akan Kantor BPN Jakut itu menyeramkan, atau tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tapi buktinya dalam layanan Larasita, one day service, quiqk wins dan sebagainya kami dapat melayani tepat waktu,’tambah dia.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar