Minggu, 28 September 2014

Pembinaan Kewirausahaan Bagi Home Industri di Jakut



Stand bazar di HBKB Green Buy, Jakut 
Jakarta-Dalam rangkaian kegiatan Hari Bebas Kendaraan (HBKB), Minggu (28/09/2014), bertempat  di Green Bay, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara turut ditampilkan stand bazar yang merupakan  binaan SKPD dan UKPD di wilayah Kota Jakarta Utara. 

Salah satunya, Karyono, 43, yang menjual produk kerupuk ikan dan kremes ibu. Dimana dia adalah merupakan satu dari sekian ribu binaan Suku Dinas (Sudin) Koperasi Usaha Menengah Kecil Mikro (KUMKM) dan Perdagangan. Karyono menjelaskan bahwa dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara dirinya selalu diminta tampil. 

“Dengan tampilnya produk kami, maka usaha saya kini banyak yang tahu dan alhamdullilah mampu mendorong omzet dagangnya,”kata dia, yang tinggal di RW 04, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan itu. 

Untuk saat ini, masih diungkap lagi oleh dia, saat ini usahanya masih bersifat industri rumah tangga, para pekerja sendiri adalah saya beserta anak dan istri saja. 

“Pemesan produk kami paling jauh berasal dari daerah Bekasi, Jawa Barat. Dan alhamdullilah, dengan rutin ikut serta dalam setiap kegiatan, produk kami kini sudah di kenal di seluruh wilayah Jakarta Utara,”ujarnya. 

Lurah Ancol, Ade Himawan menuturkan, produk Bapak Karyono adalah produk unggulan di wilayah Kelurahan Ancol. Dimana sebelumnya, produk tersebut binaan dari TP PKK RW 04 dan Kelurahan Ancol.
Adapun bentuk perhatian yang kami berikan agar produk ini bisa terus berkembang, adalah dengan cara rutin turun kelapang sekaligus memonitor perkembang dan kwalitas produk tersebut. 

“Kami selalu mendukung penuh terhadap perkembangan kerajinan produk warga kami,”kata Ade. 

Sementara itu, Kepala Sudin KUMKM dan Perdagangan Jakarta Utara, Almon Daniel menjelaskan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini memang tengah tumbuh dan berkembang. Meski usaha skala kecil, namun perannya sangat berarti dalam upaya turut menopang perekonomian dan menciptakan banyak lapangan kerja baru.

Untuk lebih mengenalkan produk kepada masyarakat, dalam hal ini para pedagang atau kewirausahaan dapat mengikuti beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan baik di tingkat kota maupun tingkat provinsi, seperti ikut event kegiatan pameran, kaki lima ninght market, maupun ikut serta dalam kegiatan pameran diluar kota, terang Almon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar