Jumat, 27 Februari 2015

Meriah, Gebyar Posyandu di Kelurahan Ancol



Jakarta-SENYUM ceria mengembang dari bibir sebagian anak balita ini. Tak sedikit pula yang merengek resah. Namun orangtua mereka tetap sabar menemani hingga kegiatan usai.

Pemandangan itu tampak dalam kegiatan Gebyar Posyandu di Posyandu Baronang, RW 08 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (27/02/2015). 

Sedikitnya 125 balita beserta masing-masing orangtua tumpah ruah dalam kegiatan yang juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Jakarta Utara, Ny. Inad Luciawaty. 

Sambil menunggu penimbangan dan pemeriksaan gizi, sejumlah anak tampak berlari-lari dan bermain sesuka hati.

Ketua TP PKK Jakarta Utara, Ny. Inad Luciawaty menuturkan, kegiatan seperti ini harus terus berjalan. Dia pun meminta kepada para kader Posyandu agar selalu aktif memberikan penyuluhan terutama pada ibu hamil maupun menyusui.

“Posyandu itu harus aktif jangan sampai ada gizi buruk. Kepada orangtua balita juga agar aktif menimbangkan dan memeriksa kondisi kesehatan anaknya ke Posyandu,” kata dia, didampingi anggota TP PKK Jakarta Utara  serta Lurah Ancol, Sumpeno.   

Gebyar Posyandu, ditambahkan Lurah Ancol, Sumpeno, merupakan kegiatan rutin pada tanggal 27 setiap bulannya. Di kesempatan ini, tidak hanya ada penimbangan pemeriksaan gizi pada balita. 

“Ada juga PMT (pemberian makan tambahan, red) berupa bubur kacang hijau dan roti tawar,” paparnya.
Menurut Sumpeno, Gebyar Posyandu ini dapat memacu  orangtua terutama ibu-ibu dan kader Posyandu agar selalu menjaga kesehatan putra-putri balitanya. 

“Ini penting, mengingat balita merupakan tunas bangsa. Agar cerdas hingga masa mendatang, kesehatannya harus terus terjaga. Dan jangan sampai ada balita yang mengalami gizi buruk atau BGM (balita gizi merah, red).”

Ny. Imas, 50, warga, mengaku senang dengan rutinitas ini. Selain dapat mengontrol kesehatan ibu dan anak, juga dapat meningkatkan tali silaturahmi sesama warga sekitar. 

“Terlebih, ada ibu Walikota yang blusukan. Kami jadi terharu karena ada istri pejabat yang memberi perhatian,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar