Kamis, 21 Februari 2013

Peletakan Batu Pertama Rumah Sakit Untuk Pekerja


Jakarta-Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, pada Jumat (22/02/2013) pagi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pekerja di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara. Pembangunan rumah sakit pekerja di Kawasan Berikat Nusantara tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi yang berada di Kantor Pusat PT Berikat Nusantara Cakung, Cilincing Jakarta Utara.

Pembangunan rumah sakit ini juga menanggapi usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 27 April 2012 di Batam, yang berkeinginan mempunyai rumah sakit bagi pekerja. pembangunan rumah sakit berada di lahan seluas 3,652 meter persegi (m2). dengan luas lahan yang dibangun 1.278 meter persegi. Luas lahan terbukanya 2.374 meter persegi yang meliputi lahan parkir, jalan dan saluran lansekap rumah. Jumlah tempat tidur yg tersedia 184 (kelas 2). Luas bangunan 9.000 m2 dengan 8 lantai. "Target pembangunan ini selama enam bulan, sekitar bulan Agustus akan diresmikan," terang Direktur PT. KBN Sattar.Sabar, di kawasan KBN Cakung,. Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (22/02/2013).  

Sedangkan, konsep perancangannya menggunakan green hospital, dengan penekanan kepada penggunaan cahaya alam seoptimal mungkin di segala area. Lahan hijau juga akan membantu proses penyembuhan pasien dan penggunaan sistem ventilasi yang menjadi salah satu usaha untuk pencegahan nosokomial pada rumah sakit,ujar Sattar Sabar.

Menurut Sattar, proyek pembangunan Rumah Sakit Pekerja nilainya sekitar Rp65 miliar dengan biaya pengadaan peralatan kesehatan Rp40 miliar serta dana cadangan untuk membeli ambulance dan yang lainnya Rp5 miliar.

Sattar mengatakan, dana pembangunan rumah sakit itu berasal dari program tanggung jawab sosial beberapa perusahaan negara yakni KBN, PT Jamsostek Persero, PT Askes Persero, PT Binakarya, PT Nindya Karya Persero, dan PT Indrakarya. 

"Jumlah tempat tidur yang tersedia 184 (kelas 2). Luas bangunan 9.000 m2 dengan 8 lantai," ungkap Sattar.

Ide membangun rumah sakit ini datang langsung dari Presiden. Beliau (SBY) bilang begini, tentara saja punya rumah sakit kenapa kita (pekerja-red) tidak punya rumah sakit," papar Dahlan menirukan apa yang disampaikan Presiden SBY.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar