Kamis, 21 Maret 2013

Posyandu Melati II RBS Masuk Tingkat Nasional Kinerja Posyandu


Jakarta-Posyandu Melati II Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara setelah terpilih terbaik dalam Lomba Kinerja Posyandu di Tingkat Kota Jakarta Utara dan mewakili Jakarta Utara ke tingkat Provinsi DKI Jakarta kini maju ke tingkat nasional, Kams (21/03/2013), dinilai keberhasilannya.

Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono mewakili Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya, menuturkan Posyandu kepanjangan dari Pos Pelayanan Terpadu atau Pusat Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu, dimana sebagai wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait.

Dalam kesempatan itu juga Bambang, juga menjelaskan keberhasilan Posyandu Melati II mengikuti Lomba Kinerja Posyandu Tingkat Nasional Tahun 2013 ini tak lepas dari peran serta dan kerjasama antar pemerintah, masyarakat dan mitra kerja yang terjalin selama ini.

Sementara itu Ketua Tim peniliai Lomba Kinerja Posyandu Pusat, Susilowati Soebakti, mengatakan entah berapa kalinya setiap ada lomba, Jakarta Utara selalu tampil dalam nominasi, lura biasanya. Ini kenapa karena, satunya tampil ingin maju, ingin sehat, serta adanya pembinaan dari pimpinannya, apa yang ada di sini semua ini pasti merupakan kerja keras dari seluruh masyarakatnya.

Kali ini memang untuk Jakarta Utara, masih katanya, kembali menjadi nominasi untuk ikut berbicara ditingkat nasional akan bersama-sam dengan enam wakil lainnya, yaitu yang pertama Jawa Tengah untuk Kotanya Semarang, Kalimantan Selatan untuk Kotanya
Banjarmasin, Kepulauan Riau Kotanya Batam, Sulawesi Tengah Kotanya Palu, serta tetangga DKI Jakarta adalah Kota Tangerang.

Apa yang ibu-ibu capai adalah hal yang luar biasa, yang jarang kami lihat ini adalah pemberian sepeda bagi kader-kader jumatik. Pemberian sepeda bagi kader jumantik disini, kami belum pernah melihatnya, namun disini ada, maka ibu-ibu berbahagialah, ini luar biasa, terangnya.

Selain menjadi kader jumantik, ibu-ibu yang mendatangi rumah warga, juga turut membawa buku-buku bacaan, ini bagus sekali. Disamping itu juga ada pelatihan kader RW Siaga, dimana pengembangannya luar biasa. Dan satu hal yang dianggap sepele sekali, namun jujur ini bagus sekali, dimana diinformasikan adanya budidaya cincau, dikembangkan dan diolah untuk anak-anak di Posyandu.

Yang paling senang sekali saya dengar, yaitu berkaitan dengan pendanaan, dimana disini swdayanya tinggi, iuran warga sangat bagus, serta bantuan dari mitra tetap.Selain itu juga, laporan-laporan serta pencatatan ibu-ibu cukup bagus dan ini harus dipertahankan serta menjadi contoh bagi daerah-daerah lain-lainnya, tambah Susilowati Soebekti.

( Amin Hidayat )  


Teks Foto : Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono memberikan sambutan dalam Lomba Kinerja Posyandu Melati II Tahun 2013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar