Senin, 01 April 2013

Mudahkan Akses Internet, Pemkot Jakut Pasang Wifi


Jakarta-Untuk memberikan kemudahan warganya dalam mengakses internet secara gratis, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara akan bekerja sama dengan PT Telkom untuk memasang wifi di 1.000 titik yang tersebar di sejumlah tempat pelayanan publik di Jakarta Utara. Diharapkan pada 20 April mendatang, layanan internet gratis tersebut sudah dapat dinikmati warga setempat.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, mengatakan dalam rangka memberikan informasi yang semakin cepat dan mudah kepada masyarakat, pihaknya akan bekerjasama dengan PT Telkom untuk memasang wifi di sejumlah tempat-tempat umum, seperti rumah sakit, pasar, mal, puskesmas, pelayanan terpadu, pelayanan satu pintu, kantor kelurahan, kecamatan, dan walikota.

"Dengan adanya jaringan wifi ini masyarakat bisa mengakses internet dengan mudah dan juga aparat juga langsung mengirim informasi kepada masyarakat. Ini yang kita sedang bicarakan dengan PT Telkom dan tadi sudah paparan. Meskipun selama ini sebagian sudah ada, tapi kami ingin luas lagi jangkauannya," ujar Bambang Sugiyono, kepada wartawan usai memimpin rapat pimpinan (Rapim) di Lantai II, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (01/04/2013).

Program ini, kata Bambang, merupakan program Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar Jakarta bebas wifi, dan juga supaya masyarakat mudah mengakses melalui internet tentang pembangunan di Jakarta maupun di Jakarta Utara. "Secepatnya akan dipasang, dan diharapkan bulan ini. Yang jelas Kantor Walikota, Kelurahan dan Kecamatan, puskmesmas, 12 jalur destinasi wisata pesisir, pelayanan satu pintu. Awalnya akan dipasang 1.000 titik wifi. Pemasangan wifi ini tidak membutuhkan lahan, hanya memakai alat modem saja," katanya.

Mengenai anggaran untuk pemasangan wifi ini, sambung Bambang, pihaknya masih mengkajinya. Sebab, pihaknya masih membahas mengenai biaya pemasangan wifi tersebut, apakah Pemkot Jakarta Utara membayarnya atau pihak PT Telkom yang memiliki program tersebut.

Kepala Suku Dinas Kominfomas Jakarta Utara, Chasmi Chalid menuturkan, sejauh ini sudah ada 300 titik wifi yang sudah terpasang di sekolah-sekolah. Nantinya, akan ditambah menjadi 1.000 titik wifi di rumah sakit, sekolah, pasar, mal, kantor Walikota, Kelurahan, Kecamatan, stasiun, dan lain-lain.

( Amin Hidayat )

( Teks foto : Walikota memberikan keterangan kepada wartawan, seusai rapim tingkat Kota, Senin (01/04/2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar