Kamis, 30 Mei 2013

Sudin P2K Jakut Sterilisasi 50 Kucing


Jakarta-Untuk menekan laju populasi kucing lokal yang berkeliaran di pemukiman warga, serta mengantisipasi rabies, Suku Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan ( Sudin P2K )  Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan sterilisasi atau mengkebiri 50 ekor kucing lokal yang berkeliaran di pemukiman warga atau kucing peliharaan.

Kasie Peternakan, Sudin P2K Jakarta Utara, DRH Renova,  disela-sela kegiatan sterilisasi kucing di kantor Kecamatan Koja, menjelaskan pada Rabu (29/05/2013), sebanyak  50 kucing yang kita sterilisasi hari  ini, dengan harapan jumlah populasi kucing dapat ditekan. Dan sesuai dengan program Pemda DKI Jakarta agar Jakarta Bebas Rabies.

Sterilisasi ini dilakukan pada dua jenis kelamin kucing. Untuk Kucing jantan dilakukan Kastrasi sementara untuk kucing betina Ovari hysterektomi. Target sterilisasi untuk tahun ini sasarannya pada 100 ekor kucing. Jika 50 ekor kucing sudah disterilisasi, maka akan mengendalikan perkembangbiakan kucing sebanyak 2 ribu ekor setiap tahunnya.   Sterilisasi ini tidak dipungut biaya alias gratis, terang Renova.

Penekanan ini ( sterelisasi-red), lanjutnya,  dihitung dari angka populasi kelahiran kucing setiap tahun. Untuk seekor kucing betina dalam satu tahun bisa melahirkan sebanyak 4 kali. Untuk 1 kali melahirkan bisa menghasilkan 4 ekor kucing. Maka dalam satu tahun jika 50 ekor kucing tak cepat disterilisasi akan menambah populasinya mencapai 2 ribu ekor.  Kegiatan ini juga di dukung Himpunan Dokter Hewan Indonesia (HDHI).

Camat Koja, Dedi Tarmidzi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, meminta kepada warga Koja yang memiliki peliharaan kucing untuk segera melakukan sterilisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar