Kamis, 20 Juni 2013

Jokowi Hijaukan Waduk Pluit dengan Pohon Pelindung


Jakarta-Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo  (Jokowi ) bersama Presiden Direktur PT Jakarta Propertindo,Budi Karya Sumadi, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, melakukan pencanangan penanaman pohon di sisi barat waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (20/06). 


Pencanangan pohon ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam menata lingkungan sekitar waduk untuk dijadikan taman kota atau ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu penanaman pohon juga bertujuan untuk mencegah kembali maraknya bangunan liar. Dengan begitu, kawasan Waduk Pluit yang dulu dijadikan sebagai pemukiman liar akan menjadi hijau, bersih dan tertib. Bahkan, nantinya lahan seluas 6 hektar yang dijadikan ruang terbuka hijau ini akan diserahkan PT Jakarta Propertindo kepada Pemprov DKI.


Selain melakukan penanaman pohon, nantinya, di lahan seluas 6 hektar yang diserahkan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kepada Pemprov DKI juga akan dibangun taman kota. "Kita cepat-cepatan setelah dibersikan, sekarang kita mulai tanam. Jadi Pluit akan jadi seperti ini, ada waduk, hijau-hijauan dan jogging track," ujar Jokowi


Mengenai taman kota yang akan dibangun oleh Jakpro tersebut, Jokowi mengungkapkan nanti masyarakat juga yang akan diuntungkan. Karena selain diisi oleh pepohonan, di kawasan taman tersebut nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas seperti, jogging track, amphiteather, tempat duduk dan dermaga.


Presiden Direktur PT Jakarta Propertindo, Budi Karya Sumadi, menambahkan di kawasan Waduk Pluit nantinya secara keseluruhan akan ditanam sebanyak 5.000 pohon.


Adapun pohon-pohon yang ditanam, kata Budi Karya Sumadi,  antara lain mahoni, ketapang, trembesi, dadap, anggur laut, pandan laut, maja, johar, anyang-anyang, mindi serta biola cantik. Sementara untuk pembangunan taman itu sendiri, pihaknya menargetkan akan selesai pada awal tahun 2014 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar