Sabtu, 08 Juni 2013

KJK PEMK Lagoa Gelar RAT ke-3 Tahun Buku 2012

Hasanuddin memberikan sambutan
Jakarta-Sebagai bagian dari kewajiban setiap koperasi untuk menyelenggarakan RAT ( Rapat Anggota Tahunan ), guna mengesahkan pertanggung jawaban pengurus KJK ( Koperasi Jasa Keuangan) PEMK ( Program Ekonomi Masyarakat Kelurahan ( PEMK ). KJK PEMK Lagoa melaksanakan RAT ke-3 tahun buku 2012, di aula kantor Kelurahan Lagoa, Sabtu (08/06/2013).

Dalam laporannya Ketua KJK PEMK Lagoa, Hasanudin, menjelaskan volume pembiyaan / penyaluran dana bergulir kepada para anggota atau pemanfaat selama tahun 2012, telah digulirkan sebanyak Rp 1.400.500.00 kepada 582 orang pemanfaat.

Dalam hal pengumpulan dana dari para anggota, sampai akhir Desember 2012 yakni, simpanan pokok sebesar Rp 41.900.000, simpanan wajib Rp 42.981.000, serta simpanan sukarela sebesar Rp 1.757.750. Dengan total keseluruhan jumlah simpanan Rp 86.639.000, terang Hasanudin.

Masih dikatakan Hasanudin, hingga RAT ke-3 ini, KJK PEMK Lagoa masih belum dapat membagikan SHU (Sisa Hasil Usaha )  kepada Bapak dan Ibu. Dasar belum bisanya diberikan sisa hasil usaha kepada Bapak dan ibu, karena sebagian besar angota belum bisa memenuhi kewajiban/ kerjasama dengan rutin mengangsur dana pinjamanan.
 
Perwakilan UPDB ( Unit Penegelola Dana Bergulir ), Slamet, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa KJK PEMK ini adalah suatu koperasi yang telah miliki badan hukum, untuk itu kita wajib memelihara dan merawatnya. Salah satu cara merawatnya, adalah dengan rajin mengangsur pinjaman,sesuai kesepakatan awal antar pengurus dengan Bapak dan Ibu pemanfaat pada saat meminjam dana bergulir di KJK PEMK Lagoa.  
 
Sementara itu, Ketua Pengawas KJK PEMK Kelurahan Lagoa, Amir Hamzah,menyarankan kepada seluruh pengurus dan pengelola KJK PEWMK Lagoa untuk bekerja keras dalam upaya menjaga stabilitas operasional KJK PEMK, sekaligus mencoba membuat terobosan dalam upaya penghimpunan dana, agar masyarakat yang memiliki dana mau menyimpan dananya di KJK PEMK Lagoa sebagai simpanan sukarela, sehingga dapat meningkatkan pendapatan hasil usaha pada tahun yang akan datang.

Lurah Lagoa Sri Suhartini, yang di wakili oleh Wakil Lurah Lagoa, Tugiman, yang secara langsung membuka kegitan RAT tersebut, juga berharap agar koperasi kita dapat berjalan dan berjaya sehingga hasilnya dapat langsung dirasakan oleh anggota atau pemanfaat.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar