Kamis, 13 Juni 2013

Paguyuban KB Pria Bahari Dinilai Tingkat Nasional

Jakarta-Paguyuban Keluarga Berencana ( KB ) Pria Bahari Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Kota Administrasi Jakarta Utara dinilai keberhasilannya oleh tim penilai KB tingkat nasional, Kamis (13/06/2013).

Kedatangan Tim Penilai  diterima Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara Muhammad Yuliadi, Wakil Camat Cilincing Ahmad Haryadi, Lurah Semper Barat Kelik, angota Lembaga Musyawarah Kelurahan ( LMK ), para ketua RW dan tokoh masyarakat setempat.

Setelah masuk  Juara Nasional lomba Kelurahan, kini Paguyuban KB pria juga masuk nominasi  tingkat Nasional, kata  Edi Purwoko, selaku  ketua Rombongan Tim Penilai BKKBN Pusat.

Masih kata Edi, bahwa pihaknya sekarang sedang mencari nominator I untuk regional I yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Provinsi Banten,  dari provinsi  tersebut mana yang  terbaik, terangnya.


Sementara itu, Muhammad Yuliadi menjelaskan, Jakarta Utara merupakan miniaturnya Indonesia dan  penduduknya sangat heterogen, apalagi Jakarta Utara merupakan daerah pesisir yang memang banyak kaum pendatang melalui laut.

Tahun lalu, kata Yuliadi, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara telah menerima penghargaan Manggala Karya Kencana, atas keberhasilan Program KB di Jakarta Utara yang diberikan oleh BKKBN Pusat.

Dan tahun ini ( 2013 ), masih kata Yuliadi, Jakarta Utara telah berhasil, bahkan melebihi dari target atas pencapaian dengan menggunakan metode vasektomi melalui paguyuban KB Pria,  inilah membuat kota Administrasi Jakarta Utara berhasil merekrut peserta KB operasi pria pada tahun 2012 yang lalu sebanyak 592 akseptor atau 114,07 dari target 519 akseptor.

Ditambahkan oleh Kepala Kantor KB Jakarta Utara Hasanudin Hadi Suryo, dari 31 kelurahan yang ada sudah 13 kelurahan yang membentuk paguyuban. Tentunya bertujuan untuk menjaring kaum pria menjadi akseptor KB dan ternyata kaum pria banyak tertarik program KB tersebut.

Ke 13 kelurahan yakni, kelurahan Kalibaru, Semper Barat, Tanjung Priok, Sungai Bambu, Pademangan Barat, Ancol, Pejagalan, Penjaringan, Tugu Utara, Lagoa, Rawabadak Utara, Kelapa Gading Barat dan kelurahan Pegangsaan Dua, disela-sela lomba.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Paguyuban KB Pria Bahari, Kelurahan Semper Barat  H.M.Amin Oesman, menjelaskan saat ini anggota KB Pria Bahari, saat ini telah memiliki 307 anggota yang tersebar di 17 Rukun Warga (RW(,  dan yang paling dominan  ada di 5 RW antara lain RW 01, 03, 04,07 dan RW 09.

Adapun legiatan Paguyuban KB Pria antara lain, melakukan kegiatan pengajian, komunikasi, informasi dan edukasi bagi calon akseptor KB pria, kerjasama dengan Koperasi Jasa Keuangan  ( KJK ) Kelurahan Semper Barat, dan tak kalah pentingnya membina usaha, seperti paguyuban petani kangkung 5 kelompok,  usaha kain majun, pekerja odong - odong, pengojek motor dan membina usaha warung kopi.

Di sela sela acara juga dilaksanakan dukungan  fakta integritas yang isinya para pengurus RW dan  Anggota LMK se kelurahan Semper Barat memberikan dukungan tentang pelaksanaan kegiatan , komunikasi, informasi dan edukasi bagi calon akseptor KB pria dihadapan Tim Penilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar