Kamis, 06 Juni 2013

Rumah Sakit Apung Pertama di Indonesia Ada di Pluit


Jakarta-Untuk membantu program pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu yang tersebar di kepulauan, Yayasan Dokter Peduli (doctorShare) meresmikan rumah sakit apung dengan nama RSA Dr. Lie Dharmawan, Kamis (6/6). Rumah sakit di atas kapal ini kini tengah bersandar di Pantai Mutiara, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. RS apung milik swasta ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pantauan beritajakarta.com, kapal yang didesain khusus ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas layaknya rumah sakit umunya seperti kamar bedah, kamar USG dan rontgen, laboratorium, ruang rawat pasien serta alat-alat perlengkapan medis.

Dalam peresmian ini turut hadir Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan yang melakukan kunjungan kedalam kapal berukuran 23,5 meter X 6,55 meter ini.

Dalam kunjunganya ke dalam RS apung ini, Dahlan berkeliling didalam kapal yang memiliki sekitar 8 ruangan yang difungsikan untuk kegiatan kedokteran seperti kamar bedah, laboratorium, ruang rawat inap pasien, ruang arsip, kamar USG, kamar dokter dan kamar perawat.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan mengaku kagum akan ide 'gila' seorang dokter untuk membuat RS apung sendiri dan tanpa campur tangan pihak pemerintah. Menurutnya, saat ini memang mulai banyak yang mau bergerak sendiri, bersikap independen tidak mau dibantu oleh pemerintah.

"Ini bagus sekali, memang inisiatif relawan seperti ini yang terpenting adalah inspirasi 'kegilaannya' dan sikap untuk tidak bergantung kepada siapapun," katanya saat meresmikan RS apung ini dikawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Kamis (6/6/2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar