Sabtu, 21 September 2013

Penataan Pelayananan bagi Warga, Ruang Pelayanan di Desain Mirip Bank


Suasana diruang pelayanan masyarakat di Kelurahan Cilincing

Jakarta-Sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta agar seluruh Kelurahan dan Kecamatan di DKI Jakarta. Untuk meniadakan sistem loket, dan merubahnya menjadi mirip bank,  dalam hal ini telah direspon dengan cepat oleh jajaran Pemkot Jakarta Utara. 

Seperti di kantor Kelurahan Cilincing Kecamatan Cilincing dan Kelurahan Tanjung Priok. Lurah Tanjung Priok, Suyono menuturkan, penataan ruang pelayanan dimaksudkan untuk memberikan kemudahaan kepada warga dalam mengurus surat-surat berkaitan dengan surat keterangan umum dan kependudukan. 

Dulunya, loket pelayanan umum ada dilantai dua, sedangkan loket kependudukan berada di lantai satu. Kini, kedua loket tersebut sudah ditiadakan, dan pelayanan umum serta kependudukan dijadikan satu dalam ruang pelayanan umum yang terletak di lantai satu. 

“Anggaran yang dibutuhkan untuk membuat ruang pelayanan umum sebesar Rp 60 juta. Dalam loket tersebut sebanyak 3 orang petugas siap melayani warga. Agar warga tidak berebut pada saat minta pelayanan, dalam ruangan tersebut kini sudah ada mesin antrian, sekaligus dilengkapi mesin pendingin, layar TV, bangku yang nyaman, serta petugas yang selalu siap melayani warga. 

Senada dengan hal itu, Lurah Cilincing Joddi Santoso, penataan ruang pelayanan kepada warga sesuai dengan instruksi Pak Gubernur. Diruang pelayanan umum yang terletak di lantai satu, tiga orang petugas dan satu orang operator siap melayani warga, dan paling banyak warga yang datang ke ruang pelayanan tersebut pada saat pengurusan Kartu Jakarta Pintar ( KJP ) dan Kartu Jakarta Sehat ( KJS ) beberapa waktu lalu, sedangkan bila dalam waktu normal dalam satu hari sebanyak 25-30 orang datang ke ruang pelayanan umum untuk mengurus surat-surat penting. 

Ratih, 40, warga yang ditemui di kantor Kelurahan Cilincing menyambut positif adanya perubahan ruang pelayanan sekaligus pola pelayanan yang ada saat ini. 

“Dulunya, saat hendak mengurus surat pengantar umum, harus bersusah payah ke lantai 2. Kini sudah enggak lagi, pelayanan cepat, serta ditambah ruangan  yang nyaman, serasa masuk dibank saja,” kata Ratih.                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar