Suasana diruang pelayanan masyarakat di Kelurahan Cilincing |
Jakarta-Sesuai dengan instruksi Gubernur
DKI Jakarta agar seluruh Kelurahan dan Kecamatan di DKI Jakarta. Untuk meniadakan
sistem loket, dan merubahnya menjadi mirip bank, dalam hal ini telah direspon dengan cepat oleh
jajaran Pemkot Jakarta Utara.
Seperti di kantor Kelurahan
Cilincing Kecamatan Cilincing dan Kelurahan Tanjung Priok. Lurah Tanjung Priok,
Suyono menuturkan, penataan ruang pelayanan dimaksudkan untuk memberikan
kemudahaan kepada warga dalam mengurus surat-surat berkaitan dengan surat
keterangan umum dan kependudukan.
Dulunya, loket pelayanan umum ada
dilantai dua, sedangkan loket kependudukan berada di lantai satu. Kini, kedua
loket tersebut sudah ditiadakan, dan pelayanan umum serta kependudukan dijadikan
satu dalam ruang pelayanan umum yang terletak di lantai satu.
“Anggaran yang dibutuhkan untuk
membuat ruang pelayanan umum sebesar Rp 60 juta. Dalam loket tersebut sebanyak
3 orang petugas siap melayani warga. Agar warga tidak berebut pada saat minta
pelayanan, dalam ruangan tersebut kini sudah ada mesin antrian, sekaligus
dilengkapi mesin pendingin, layar TV, bangku yang nyaman, serta petugas yang
selalu siap melayani warga.
Senada dengan hal itu, Lurah
Cilincing Joddi Santoso, penataan ruang pelayanan kepada warga sesuai dengan
instruksi Pak Gubernur. Diruang pelayanan umum yang terletak di lantai satu, tiga
orang petugas dan satu orang operator siap melayani warga, dan paling banyak
warga yang datang ke ruang pelayanan tersebut pada saat pengurusan Kartu Jakarta
Pintar ( KJP ) dan Kartu Jakarta Sehat ( KJS ) beberapa waktu lalu, sedangkan
bila dalam waktu normal dalam satu hari sebanyak 25-30 orang datang ke ruang pelayanan
umum untuk mengurus surat-surat penting.
Ratih, 40, warga yang ditemui di
kantor Kelurahan Cilincing menyambut positif adanya perubahan ruang pelayanan
sekaligus pola pelayanan yang ada saat ini.
“Dulunya, saat hendak mengurus
surat pengantar umum, harus bersusah payah ke lantai 2. Kini sudah enggak lagi,
pelayanan cepat, serta ditambah ruangan yang nyaman, serasa masuk dibank saja,” kata
Ratih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar