Selasa, 29 Oktober 2013

Tekad Warga Warakas Perangi Narkoba




Jakarta-Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, khususnya di RW 02 dan 05 bertekad membersihkan wilayahnya dari peredaran narkoba. Melalui Posko Anti Narkoba, mereka bersama-sama menjaga wilayahnya dari keberadaan barang haram tersebut. 

Atas upaya dan kebersamaan warga dalam memerangi narkoba, wilayah ini menjadi salah satu wakil Jakarta Utara dalam Lomba Kampung Bersih Narkoba yang digelar Badan Narkotika Nasional ( BNN ). 

Lurah Warakas, Tulus Harjo mengaku bangga RW 02 dan 05 termasuk terpilih diantara lebih kurang 2667 RW se-DKI Jakarta untuk mengikuti lomba tersebut. 

Saat penilaian berlangsung, puluhan warga Warakas menyambut gembira kedatangan tim penilai dengan menyuguhkan sejumlah hiburan seperti marching band anak-anak, polisi cilik, bocah cinta lingkungan dan atraksi tarian anak-anak PAUD. Bahkan warga setempat juga menggelar bazar aneka olahan makanan, minuman maupun produk unggulan warga di sepanjang jalan RW 02 sampai RW 05.

“Kami bertekad menjadi yang terbaik dan menciptakan kampung yang bersih dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga bisa menjadi contoh dan teladan untuk kampung-kampung ( RW-RW) yang lainnya,”kata Tulus Harjo saat menerima tim penilaian dari BNN yang dipimpin AKBP Erni Marlina.    

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Yuliadi yang turut hadir dalam penilaian tersebut menyatakan, kampung Warakas merupakan perwakilan sekaligus lokasi percontohan di Jakarta Utara yang telah bergerak memberantas narkoba.

“Tahun 2005 lalu, kampung ini termasuk lokasi yang marak dengan kasus narkoba. Di tahun 2007, masyarakat bersama sejumlah pihak terkait mendirikan organisasi P2NK yang bergerak memberantas narkoba karena jika tidak mengambil tindakan maka dapat menghancurkan masa depan generasi muda Indonesia. Alhasil, berkat kegigihan dan partisipasi aktif warga kampung Warakas bisa terpilih menjadi perwakilan Jakarta Utara dalam lomba Kampoeng Bebas Narkoba” jelas Muhammad Yuliadi didampingi Camat Tanjung Priok, Effiskal dan Lurah Warakas, Tulus Harjo.

Ketua Tim Penilai Lomba Kampoeng Bebas Narkoba tingkat Provinsi DKI Jakarta, AKBP Erni Marlina mengaku kagum dengan keperdulian masyarakat Warakas yang terlihat sangat aktif dalam memberantas narkoba. “Kita sudah datang di 9 kelurahan yang ada di DKI Jakarta dan disini kami melihat langsung masyarakat yang sangat peduli terhadap lingkungan,” ungkap AKBP Erni Marlina yang bertugas di Badan Narkotika Nasional Deputi Pemberdayaan Masyarakat.

Ditambahkannya, ada berbagai kriteria penilaian dalam lomba ini diantaranya dari segi P4, informasi, keorganisasian dan pendanaan. “Pengguna narkoba yang terdaftar mencapai 4 juta orang. Belum lagi yang tidak terdaftar jumlahnya akan bertambah lagi. Untuk itulah, marilah kita bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan bergandengan tangan memerangi narkoba,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar