Senin, 23 Desember 2013

CSR Astra Bangun Bank Sampah di Semper Barat



Jakarta-Untuk mendukung terciptanya kawasan yang bersih indah dan sehat sekaligus dalam rangka memerangi sampah di wilayah Semper Barat Jakarta Utara, PT. Astra Internasional Tbk dengan mengandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat bank sampah 'Sanora' dilingkungan RW 03, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. 

Acara peresmian pembangunan bank sampah tersebut ditandai dengan penguntingan pita oleh Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, Head Manager CSR PT. Astra Internasional Tbk, Rizal Deliansyah, Asisten Ekonomi Pembangunan Jakarta Utara, Djunaedi, didampingi Camat Cilincing Supriyono, dan Lurah Semper Barat, Muhammad Iqbal. 

Menurut Rizal Rewansyah, Head Manager CSR PT. Astra Internasional Tbk, menuturkan, pembangunan ini dilakukan atas kerjasama Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kebersihan DKI dengan PT. Astra Internasional Tbk, serta berdasarkan pada adanya motifiasi yang kuat dari masyarakat untuk memerangi persoalan sampah di wilayahnya. 

Di wilayah Jakarta Utara, saat ini PT. Astra Internasional Tbk telah membangun 5 bank sampah. Dimana biaya pembuatan bank sampah Sonora termasuk ddalamnya menghabiskan anggaran sebesar Rp ½ Miliar, semoga apa yang kita bangun ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Jakarta Utara, terang dia.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Jakarta Utara, Djunaedi, atas nama pemerintah dan masyarakat Jakarta Utara memberikan apresiasi dan menyambut baik serta ucapan terima kasih kepada PT. Astra Internasional Tbk yang selalu mendukung penuh setiap program yang ada di Jakarta Utara.
Dengan hadirnya bank sampah ini, tentu sangat bermanfaat sekali untuk warga dalam mengelola sampah plastik yang tak ada nilainya menjadi bernilai. 

Pengelolaan sampah di Jakarta Utara telah banyak menghasilkan berbagai prestasi, salah satunya dilaksanakan oleh Karang Taruna Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara yang telah merebut Juara II Tingkat Nasional dalam pengelolaan sampah menjadi kerajinan tangan.
  
Selain itu, masih ditambahkan oleh Djunaedi, bahwa diwilayah Kelurahan Semper Barat telah mempunyai bank sampah yang lokasinya berada di RW 09. 

“Dengan adanya bank sampah ini, maka Kelurahan Semper Barat telah mempunyai dua bank sampah. Dengan hal ini maka volume sampah dapat ditekan, dan persoalan sampah diminimaliasir,” kata Djunaedi.  
Kepala Dinas Kebersihan Prov DKI Jakarta, Unu Nurdin,  juga berharap dengan adanya nota kesepakatan ( MoU ) yang disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan pihak PT Astra, beberapa waktu lalu. Maka diharapkan PT. Astra Internasional Tbk dapat megembangkan semua programnya tak hanya di Jakarta Utara saja tetapi di  seluruh wilayah lain di DKI Jakarta. 

“Ada 23 bank sampah di Jakarta Utara, namun yang baru  optimal ada   sekitar  10 bank sampah  termasuk  yang diresmikan hari ini, diwilayah Kelurahan Semper Barat yang letaknya berada di RW 03,  Semper Barat, Cilincing,” tambah Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara, Zainuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar