Kamis, 25 September 2014

Rusunawa di Jakarta Kini Bisa Gunakan Gas Bumi



Jakarta-Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan jaringan gas bumi masuk ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Ibu Kota di Rusun Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga ini  merupakan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta, Kementerian ESDM dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Jokowi menjelaskan pemakaian gas bumi rumah tangga ini tidak hanya disalurkan ke perumahan, juga ke kawasan industri.

"Secepat-cepatnya diperluas penggunaan gas bumi, baik untuk rumah tangga ataupun untuk industri," ujarnya dalam sambutan di acara peresmian penggunaan gas bumi di Rusun Marunda, Kamis, (25/9/2014).

Mantan Wali Kota Kota Solo ini menjelaskan para warga yang beralih dari LPG ke gas bumi dapat menghemat hingga Rp84 ribu.

Sedangkan, bagi pelaku industri, penggunaan gas bumi dapat mengurangi biaya produksi sehingga harga barang menjadi lebih murah.

"Kalau LPG kan sebagian bahan baku impor dan subsidi sedangkan gas bumi itu produk dalam negeri. 50% lebih murah dari biaya produksi LPG," lanjutnya.

Jaringan pipa gas di Rusun Marunda ini merupakan tahap awal pengoperasian jaringan gas di rusun Jabotabek. Untuk di Jakarta, setelah Rusun Marunda, Rusun Tipar Cakung akan menjadi rusun kedua yang dialiri gas bumi PGN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar