Selasa, 23 Desember 2014

Sudin Sosial Bantu Korban Kebakaran Muara Baru



Jakarta-Untuk meringankan beban korban kebakaran di Jalan Muara Baru, RT 16/17, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Senin malam (22/12/2014), dimana  saat ini sebagian warga mengungsi di kantor RW dan rumah tetangga yang tak terbakar, Selasa siang (23/12/2014), Pemkot Jakarta Utara melalui Sudin Sosial langsung bergerak cepat dengan memberikan bantuan bagi korban kebakaran.
Paska terjadinya kebakaran, sejumlah warga pun masih berusaha mengais-ngais barang yang masih bisa dipergunakan kembali.

Kepala Sudin Sosial, Ika Lestari Adji, menjelaskan, saat ini kami telah  memasok kebutuhan makanan cepat saji untuk korban kebakaran termasuk mendirikan tenda pengungsian
"Sesuai standar operasional prosedur (SOP), bila terjadi suatu bencana maka kami segera memberikan bantuan, bantuan yang diberikan tersebut untuk tiga hari kedepan, dan jika ada permintaan perpanjangan bantuan, maka harus disertakan surat atau permohonan dari kelurahan setempat,” kata Ika Lestari Adji, di Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (23/12/2014).

Sementara Asisten Kesehatan Masyarakat (Askesmas) Pemkot Jakarta Utara, Muhammad Zen, memerintahkan kepada Lurah Penjaringan untuk mendata apa saja yang di butuhkan oleh korban kebakaran khususnya bagi anak-anak usia sekolah.

“Dengan adanya pendataan tersebut memudahkan kami untuk mendistribusikan bantuan bagi korban kebakaran,”terang Muhammad Zen.

Sekedar di ketahui, Kebakaran hebat kembali melanda pemukiman padat penduduk di ibu kota. Puluhan rumah kontrakan dan rumah toko (ruko) di Jalan Muara Baru, RT 16/17, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, ludes dilalap si jago merah, Senin malam (22/12/2014).

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 22.40 diduga akibat kompor meledak dari salah satu rumah warga. Api dengan cepat membesar hingga menghanguskan 40 unit rumah dan tujuh ruko milik warga.

Sebanyak 28 unit mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Sudin Damkar dan PB) Jakarta Utara dikerahkan ke lokasi. Banyaknya material bangunan rumah warga yang terbuat dari bahan mudah terbakar menyebabkan api sulit dipadamkan.

Setelah berjibaku lebih dari dua jam, petugas akhirnya berhasil menjinakkan kobaran api. "Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.00," kata Frans Hodden Silalahi, Kepala Sudin Damkar dan PB Jakarta Utara, Selasa (23/12/2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar