Minggu, 22 Februari 2015

TNI, Pelajar dan Warga Bersihkan Kali Ciliwung

Jakarta-Ratusan prajurit TNI, bersama Muspiko, pelajar SMA, SMP dan warga sekitar membersihkan aliran Kali Ciliwung sepanjang 3,5 KM depan Hutan Taman Kota Penjaringan, Kelurahan Perjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (21/2). Menggunakan 10 perahu karet mereka menyisir aliran kali mengangkat sampah yang tersangkut mau pun hanyut.  

Dandim 0502 JU, Letkol Arm Stevie Jantje Nuhujanan, mengatakan pembersihan Kali Ciliwung bagian dari wujud TNI untuk ikut dalam kegiatan Pemprov DKI dalam mendukung gerakan hari sampah nasional. Dalam kesempatan itu, pihaknya melibatkan pelajar SMA se-Jakarta Utara sehingga bisa menumbuhkembangkan kepedulian terhadap lingkungan alam. “Kegiatan ini agar Kali Ciliwung bersih, indah, sehat, dan dapat menjadi obyek ekowisata,” kata Stevie.

Stevie menjelaskan pembersihan Kali Ciliwung di bagian hilir akan dilangsungkan dalam kurun waktu satu tahun dibagi menjadi empat tahap. Tahap pertama yakni‎ pengangkatan sampah dari Kali Ciliwung dan menyediakan tong/gerobak bagi masyarakat sekitar kali. Tahap kedua,  normalisasi Kali menggunakan alat berat seperti Excavator. “Tahap ketiga dan keempat  dengan membangun jogging track, pembangunan jembatan gantung di atas kali, pengadaan jaring apung, dan pengadaan musholla,” lanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar