Kamis, 12 Maret 2015

400 Bangli Di Kali Karang Di Bongkar



Jakarta-Sebanyak 400 bangunan liar (bangle) di bantaran Kali Karang, RT 022/08, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (12/03/2015), dibongkar petugas. 

Proses penertiban tersebut berjalan kondusif lantaran sudah ditinggal penghuni dan sebagian lainnya sudah sudah dibongkar sendiri oleh pemiliknya.

Rencananya, setelah pembongkaran ini pemerintah akan secepatnya melakukan normalisasi Kali Karang. Selain melakukan pengerukan, Kali Karang sepanjang 2 kilometer itu juga akan dipasangi shitepile. Kemudian agar tidak kembali diduduki warga, lahan bantaran akan dibuat jalan inspeksi dan taman.

Camat Penjaringan, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, pembongkaran bangunan ini diperkirakan akan selesai sekitar 1 hingga 2 hari mendatang. Dalam penertiban ini pihaknya menerjunkan sebanyak 500 personil satpol PP dan 2 unit alat berat.

“Penertiban ini ratusan bangunan ini sebagai rangkaian program pengentasan banjir yang terjadi di wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya. Kedepan jika sudah seluruhnya bersih dan rata dengan tanah, kami akan bersurat ke instansi terkait untuk melakukan refungsi.

“Sejak sebulan lalu warga sudah kita sosialisasikan dan membongkar sendiri. Kebanyakan diantara mereka pulang kampung dan pindah kontrakan,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Normalisasi Kali dan Waduk DKI Jakarta, Heriyanto menambahkan, lebih dari sepuluh tahun Kali Karang ini belum pernah dikeruk. Akibatnya, sendimen lupur relatif tebal dan mengeras hingga pompa air di sekitar Kali tidak maksimal bekerja lagi.

“Setelah pembongkaran rampung kita akan kordinasikan ke Dinas PU. Segera akan kita minta dilakukan pengerukan. Selain itu kami juga akan melebarkan jalan dari yang awalnya 4 meter menjadi 7 hingga 12 meter dan sisa lahan akan difungsikan sebagai taman,”terang Heriyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar