Sabtu, 07 Maret 2015

Kontes Robot Tingkat Pelajar Di Gelar Di Jakut



Jakarta-Sekitar 550 pelajar  dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/K mengikuti kompetisi I Robotik  di lantai dasar Gedung Emperium Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu, (0 8/03/2015). Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Robotic Explorer dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Juli  Tjindrawan, Direktur Utama  Robotic Explorer  menuturkan, kegiatan ini  dilaksanakan  agar para pelajar mengenal dan cinta  pada robotik, mengingat saat ini adalah era digital.

“Kontes ini sengaja digelar untuk menumbuhkan minat dan bakat para pelajar dalam bidang teknologi. Selain menilai teknik pembuatan dan cara kerja robot,”kata dia, dalam laporannya. 

Sejumlah robot buatan para pelajar diuji dengan melewati jalur garis putih berkelok di atas sebuah meja kecil. Waktunya dibatasi, hanya tiga menit dari garis start hingga finish. Ada yang berhasil namun banyak pula yang kehabisan waktu.

Agar robot dapat tampil maksimal, para pelajar melakukan pengecekan terakhir. Mereka mencoba sistem kerja mekanik, kelistrikan, dan kontrol pengendali dengan teliti. Kepekaan sensor cahaya sebagai remote penggerak pun tak luput dari perhatian.

Wakil Walikota  Jakarta Utara,  Wahyu Haryadi memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang peduli pada pendidikan.

“Dengan adanya kegiatan ini tentu saja para anak didik ini bisa mengenal  sekaligus bisa mempraktekkan bagai mana cara kerja robot,”kata Wakil Walikota.

Disampingi itu, masih dikatakan Wakil Walikota, lewat  kegiatan ini tentu saja sangat bermanfaat bagi anak – anak   khususnya dalam mengembangkan  bakat maupun pengetahuan tentang robot yang sat ini sedang berkembang dengan pesat, sekaligus memberikan ilmu  baru bagi para pelajar.

“Saat ini kita sudah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), untuk itu  kita dituntut untuk lebih maju dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia robotik,”tambah Wakil Walikota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar