Selasa, 03 Maret 2015

Perangi Penyakit Perlu Peran Aktif Semua Pihak



Jakarta-Untuk memerangi penyakit TBC, HIV dan AIDS di wilayah Jakarta Utara bukan hanya tanggung jawab semata pemerintah, namun juga memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat baik para stake holder, organisasi masyarakat serta masyarakat. 

Berangkat dari hal itu, Lembaga Kajian Nahdatul Ulama (LKNU) Jakarta Utara melaksanakan kegiatan Workshop Pencegahan Penyakit TBC, HIV dan AIDS Bagi Stakeholder , bertempat di Ruang Rapat Lantai 7, Kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu (04/03/2015). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh.   

Ketua PBNU Jakarta Utara, KH. Ali Mahmud mengatakan, kita wajib bersyukur masih ada organisasi kemasyarakat yang mau mengurusi TBC, HIVdan AIDS. 

“Khusus untuk TBC, kita tahu  bahwa penyakit TBC sering diderita oleh masyarakat kelas bawah. Agar penderita penyakit TBC tidak semakin banyak diperlukan perhatian dan penangganan yang maksimal. Untuk itulah Majelis Nahdatul Ulama Jakarta Utara melaksanakan gerakan membantu pemerintah menanggulangi penyakit TBC, HIV dan AIDS,”kata dia. 

Dalam kesempatan itu juga, dia turut mengucapkan terima kasih kepada LKNU dan Pemerintah Kota Jakarta Utara yang telah berkoordinasi dan bekerjasama untuk bersama-sama memerangi penyakit TBC. 

“Selain melaskan kegiatan ini, kami berharap LKNU juga dapat mendirikan klinik bagi penderita TBC,”ungkap dia. 

Sementara, Walikota Jakarta Utara yang diwakili oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Achmat Ya’ala menyambut gembira atas peran aktif  NU dengan bergandengan tangan dengan pemerintah yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini. 

Dalam kesempatan itu, Achmat juga mengajak kepada seluruh warga Jakarta Utara untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat( PHBS) di semua lini kehidupan. 

“Dideritanya penyakit TBC oleh seseorang dalam hal ini berkaiatan erat dengan prilaku masyarakat. Kunci memutus mata rantai TBC adalah dengan penerapan PHBS,”ungkap Achmat Ya’ala. 

Selain itu, dia juga tak lupa mengajak  kepada seluruh peserta yang hadir dalam kesempatan ini untuk bisa mengetoktularkan apa yang diperolehnya kepada masyarakat dilingkungannya dimana dia berada. 

“Kami sangat berharap para peserta dan NU Jakarta Utara dapat menjadi pioner dalam memerangi TBC, HIV dan AIDS. Selain itu kami juga berharap apa yang dilaksanakan NU Jakarta Utara juga dapat diikuti oleh NU lainnya di DKI Jakarta,” tambah dia.  
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar