Rabu, 11 Maret 2015

Polri Gelar Baksos Ringankan Beban Warga Terdampak Banjir


Jakarta-Ribuan warga mendapatkan pelayanan kesehatan Bakti Kesehatan Polri, di Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (11/03/2015). Kegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan terdiri dari Pengobatan Umum, Pengobatan Gigi, dan Layanan KB untuk membantu meringkankan beban warga terdampak banjir.

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri, Brigjen Pol Arthur Tampi, mengatakan layanan kesehatan yang diberikan Polri merupakan bentuk wujud kepedulian Polri kepada warga yang paling parah terkena dampak banjir.

“Kita tahu kota Jakarta Utara ini merupakan wilayah yang selalu terkena banjir rob dan banjir musim penghujan, oleh sebab itu simbolisasi puncak bantuan kami adakan di Marunda,” ujar Arthur.

Selain di Rusunawa Marunda, Arthur mengungkapkan bantuan juga diberikan di 7 titik wilayah lainnya seperti di Grogol, Kelapa Gading, Asrama Polisi Kampung Bangka, dan Asrama Polisi Bidara Cina.

“Kami juga sudah melakukan streaming (ronsen foto dan check up) kepada pasien-pasien yang akan mengikuti operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, dan Operasi Minor lainnya di RS Bhayangkara Polri Kramat Jati,” lanjut Arthur.

Lebih lanjut Arthur menjelaskan Program Bakti Kesehatan Polri secara keseluruhan di ikuti oleh 1500 warga di sekitar Rusunawa Marunda, 50 pasien katarak, 25 operasi bibir sumbing, dan 15 orang bedah minor yang dilayani oleh 170 dokter dari Pusdokkes Polri.

“Warga yang sudah dilayani pihak medis juga mendapat bingkisan sumbangan yang dibantu oleh berbagai perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka,”kata  Arthur.

Kegiatan ini menjadikan Polri semakin dekat dengan masyarakat dan andil dalam penanganan banjir di wilayah Jakarta Utara. Aksi bakti sosial ini juga didukung banyak sponsor yang ikut peduli dalam meringankan beban masyarakat," terang Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Arthur Tampi.  


Sementara, Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi  memberikan apresiasi dan penghargaan akan adanya kegiatan bakti sosial pasca banjir yang digagas Polri untuk masyarakat.

"Pemkot Jakut akan selalu bersinergi dengan jajaran Polres JU dan Kodim 0502 JU dalam penanganan banjir baik itu sebelum, saat dan setelah banjir.

Ditambahkannya, untuk meminimalisir banjir di Jakarta Utara perlu dilakukan pembenahan infrastruktur di sungai, pantai dan saluran. 

Bukan hanya itu, kami juga memerlukan dukungan masyarakat  seperti tidak membuang sampah sembarangan maupun mengokupasi kali.
“Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga lingkungan dengan baik,”tambah Walikota.


Acara tersebut juga diikuti oleh 243 siswa-siswi SDN 02 Marunda yang datang untuk memeriksakan giginya secara gratis.

Dalam pelayanan kesehatan yang digelar oleh Pusdokkes Polri itu, dihadiri Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Nandang Jumantara‎, Kapolres Jakarta Utara, Kombes Mohammad Iqbal, Dandim 0502 JU, Letkol Arm Stevie Jantje Nuhujanan, Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi, dan Ketua PMI Jakut, Sabri Saiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar