Selasa, 31 Maret 2015

Sukapura Optimalkan Peranan Dasa Wisma

Jakarta-Sebagai ujung tombak pelaksanaan progam pokok PKK, kelompok Dasa Wisma yang berada di setiap RW sudah selayaknya ditingkatkan agar perannya bisa lebih optimal. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Ny. Sriniarti Niarti, saat memberikan sambutan dalam kegiatan pembinaan Dasa Wisma di RW 03. 

Menurutnya, semua program PKK baru bisa berkembang dengan baik jika kinerja kelompok Dasa Wisma sudah optimal. Sebab Dasa Wisma merupakan media pengembangan dan peningkatan serta pemberdayaan potensi yang dimiliki oleh setiap individu perempuan dan keluarga.
Ditegaskannya, program pokok PKK bersentuhan langsung dengan semua aspek kehidupan masyarakat. Sehingga memberikan kontribusi aktif terhadap kesejahteraan keluarga.

”Kedepan saya menginginkan program PKK ditingkat kelompok Dasa Wisma dapat terus ditingkatkan,” kata Sriniarti Niarti.

Ia juga menjelaskan Dasa Wisma merupakan bagian dari organisasi PKK yang berada di tingkat paling bawah. Sedangkan anggotanya biasanya sebanyak 10 KK dan diketuai oleh seseorang yang dipilih oleh kelompok tersebut. Peranan kelompok Dasa Wisma sangat penting dan strategis untuk merealisasikan program pemberdayaan keluarga hingga membentuk masyarakat yang sejahtera.

Disisi lain, tambah Sriniarti Niarti, program pokok PKK justru banyak yang didominasi melalui tingkat kelompok Dasa Wisma di setiap RW. Seperti  program sandang, pangan, kesehatan, pendidikan dan keterampilan, pengembangan kehidupan koperasi, kelestarian lingkungan hidup dan lain-lainnya.


Pembinaan secara baik terhadap kelompok Dasa Wisma dapat terus dikembangkan, khususnya bagi pemberdayaan anggota atau kader PKK itu sendiri. Selain itu, Tim Penggerak PKK Kelurahan Sukapura terus megembangkan program yang selama ini telah terealisasi secara bertahap.

Bukan hanya mewujudkan kesejahteraan di tingkat keluarga, PKK juga memberikan perhatian ekstra terhadap pemberdayaan perempuan dan para remaja.

“Kami berharap adanya kerja sama yang baik antara Dasa Wisma dan Kader Posyandu dalam rangka mendukung program-program PKK,”ungkap dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar