Minggu, 08 Maret 2015

Warga Ikut Bantu Bongkar Bangunan Liar



Jakarta-Ratusan warga Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara bersama aparat membongkar bangunan liar yang berdiri di sepanjang Kali Baja yang lokasinya berseberangan dengan Banjir Kanal Barat. Pembongkaran tersebut sudah dilakukan sejak Kamis pekan lalu hingga sekarang. 

Lurah Pejagalan, Alamsyah menuturkan, bangunan liar yang di bongkar di sepanjang Kali Baja sebanyak 134 bagunan di sisi timur, dan saat ini kami bersama warga dibantu aparat Sudin Kebersihan, dan Satpol PP membersihkan puing-puing bangunan.
“Pembongkaran terhadap 134 bangunan di sisi timur sepanjang Kali Baja tersebut karena selain menggunggu ketertiban umum, membuat wilayah kumuh, serta bisa mempersempit aliran air di Kali Baja. Untuk mempercepat pembongkaran bangunan liar tersebut kami menurunkan satu unit alat berat.

Setelah di sisi timur bangunan liar sudah bersih, kami juga bercana akan membongkar bangunan liar di sisi barat di sepanajng Kali Baja,”kata Alamsyah, Minggu (08/03/2015).

Dedi,45, salah seorang warga yang ikut membantu membersihkan puing-puing bangunan liar tersebut mengaku dirinya bangga ikut bersama aparat menertibkan bangunan liar. Menurutnya, ini dilakukan karena dirinya dan warga sekitar menginginkan lokasi tersebut bebas dari bangunan liar.

“Kedepan saya minta setelah bersih, pihak pemerintah menjaga lokasi sepanjang Kali Baja agar tidak ada lagi bangunan liar yang berdiri, kalau bisa dengan cara memasanag pot bungga. 

“Selain akan menambah keasrian wilayah dengan banyaknya pohon juga akan mempecantik lokasi disini,”kata Dedi. 

Wakil Camat Penjaringan, Chalid mengaku  berterimakasih kepada warga  yang ikut bersama-sama melakukan pembongkaran bangunan liar tersebut. Menurutnya pembongkaran ini dilakukan sebagai tindak lanjut instruksi Pemprov DKI dan Pemkot Jakut untuk mengembalikan fungsi-fungsi seperti semula.

Diungkapkan oleh Wakil Camat, sebelum dibongkar, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga, sekaligus surat peringata 7 X24 jam.

“ Bahkan dalam pembongkaran ini sebagian pemiliknya juga berusaha melakukan pembongkaran atas bangunannya sendiri-sendiri,”kata Chalid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar