Selasa, 28 April 2015

Warga Dukung Refungsi Kali Sentiong Buntu

Jakarta-Untuk memudahkan proses normalisasi Kali Sentiong Buntu, hari ini, Selasa (28/04/2015), ratusan bangunan liar (bangli) yang berada di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dibongkar aparat Satpol PP serta warga. Proses pembongkaran tersebut berjalan kondusif. Pembongkaran tersebut disambut antusias warga.

Riana, (34) warga RW 01, Kelurahan Sunter Agung menyambut positif langkan pembongkaran bangunan yang berada di bantaran Kali Sentiong Buntu.

 "Kali Sentiong ini dulunya lebar, sekarang semakin menyempit, bahkan di RW 02, saat ini kondisi kali sudah dapat dikatakan bukan lagi seperti kali tapi saat ini sudah seperti parit air yang ada di sawah. Saya mendukung langakh aparat dan warga yang bersama-sama membongkar bangunan ini, kali ini sangat vital bagi lingkungan warga disini, mengingat sejak berdirinya bangunan tersebut kawasan ini kerap dilanda banjir. Kami berharap pasca pembongkaran banguna, pihak pemerintah dapat segera merefungsi kali ini,"tambah Riana.

Lurah Sunter Agung, Suyono menjelaskan, sebelum dilakukan pembongkaran bangunan ini, dalam hal ini memberikan sosialisasi kepada warga, dimana dalam hal ini sebagian besar warga sudah membongkar bangunannya sendiri.

"Sesuai peraturan, bangunan yang berada di bantaran kali ini telah Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum,"kata Suyono kepada aspirasirakyat1.blogspot.com.

Lebih jauh ditambahkan Lurah, setelah bangunan disini di bongkar maka selanjutnya akan dilakukan normalisasi oleh pihak PU.

“Kebanyakan pemilik bangunan di kali ini dijadikan kontrakan, pemda tidak menyediakan konpensasi bagi mereka. Demi untuk kepentingan bersama program normalisasi kali dan saluran akan terus kami lakukan. Selain itu kami juga merefungsikan kembali fasos dan fasum dari PKL dan bangunan liar,” jelasnya.

Dari 153 bangunan yang ada di RW 01 dan RW 02, ditambahkan dia, sekitar 80 persen warga sudah bongkar sendiri. Kami membongkar yang belum dibongkar dan kami arahkan petugas untuk membantu menyelamatkan perabotan warga. Selanjutnya Kali Sentiong Buntu akan di turap atau di sheet file nanti menjadi kewenangan dinas PU.

Pembongkaran ini juga sebagai tindak lanjut dari Instruksi Gubernur DKI Jakarta tentang 5 tertib,” tambah Suyono didampingi  Kasatgas Pol PP Sunter Agung, T. Effendi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar