Kamis, 23 Juli 2015

Pasca mudik, Sudin Dukcapil Jakut Akan Gelar Biduk

Jakarta-Setelah tidak ada Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) di Jakarta, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara (Sudin Dukcapil Jakut ) rencananya akan menggelar Pembinaan Kependudukan (Biduk).

Kepala Sudin Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat menuturkan, rencana menggelar biduk direncanakan akan dilaksanakan dui dua kelurahan di wilayah Kecamatan Cilincing. Ke dua kelurahan tersebut yakni Kelurahan Kalibaru dan Sukapura. 

"Dua wilayah ini terbilang lokasi favorit pendatang baru karena berdekatan dengan kawasan industri,"kata Erik, Kamis (23/07/2015).
Pasca Lebaran  sendiri, diperkirakan terdapat 11.900 pendatang baru yang tinggal di Jakarta Utara. Jumlah tersebut meningkat 3 persen dari perkiraan tahun 2014 lalu, sekitar 11.500 jiwa.

Para pendatang diduga akan menempati sejumlah lokasi industri di Jakarta Utara. Selain itu, pusat perbelanjaan, kompleks elite, hingga apartemen akan menjadi sasaran mereka.

"Kami memantau dan mengadakan bina kependudukan di kawasan yang diminati pendatang," ucapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, bagi pendatang baru yang terjaring Operasi Binduk akan diberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) atau dibuatkan KTP sesuai domisili bila sudah menetap selama dua tahun. Mereka juga diminta mempunyai jaminan tempat tinggal dan jaminan bekerja.

"Operasi Binduk kita mulai laksanakan pertengahan Agustus," kata Erik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar