Kamis, 27 Desember 2012

Jokowi Minta Semua Coretan Bersih Akhir Desember

Jakarta-Masih banyaknya coretan yang menghiasi sejumlah fasilitas umum di Jakarta disesalkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Saat memberikan pengarahan kepada para pegawai di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Utara, di Ruang Fatahillah Lantai II, Kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (27/12). Untuk itu Jokowi  mengultimatum bawahannya untuk segera membersihkan coretan yang membuat kotor kota Jakarta tersebut. Bahkan, dirinya memberi batas waktu hingga akhir Desember nanti semua coretan yang mengotori Jakarta itu harus sudah bersih.

Kepada para lurah, camat, kepala unit kerja perangkat daerah (UKPD) dan walikota, Jokowi pun langsung menunjukkan foto-foto sejumlah fasilitas umum di Jakarta yang dipenuhi gambar maupun coretan seprti, sejumlah dinding  di Jl Danau Sunter Selatan, kolong tol Wiyoto Wiyono, kawasan Marunda, Cakung Cilincing, Kali Sunter dan Taman Plumpang.

"Sebagai pemanasan, ini ada gambar-gambar kecil yang saya ambil di lapangan yang ada corat-coret sepertinya hampir ada diseluruh Jakarta. Dan saya sampaikan akhir Desember ini harus sudah hilang. Ini tanggung jawabnya lurah, camat, Sudin Kebersihan,  Sudin Pekerjaan Umum (PU) dan kita semua harus bertanggungjawab," ujar Jokowi, Kamis (27/12).

Dikatakan Jokowi, bila perlu, jajarannya harus adu kekuatan dengan pihak-pihak yang suka melakukan corat-coret tersebut. "Anggaran kita kan besar. Jangan mau kalah sama anak-anak yang anggarannya terbatas," kata Jokowi.

Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono menambahkan, sesuai perintah gubernur, jajarannya siap membersihkan seluruh coretan yang mengotori sejumlah fasilitas umum di wilayahnya. "Sebelumnya kami juga sudah melakukan aksi bersih-bersih dari coretan di Jl Plumpang Semper. Dan aksi bersih-bersih ini akan kami tingkatkan kembali," kata Bambang.

Ditambahkan Bambang, pihaknya juga akan melakukan razia bersama Musyawarah Pimpinan Kota (Muspiko) Jakarta Utara terhadap pelaku corat-coretan liar.

( Amin Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar