Selasa, 18 Desember 2012

KP- IBU Di Kelurahan RBU


 Jakarta-Untuk memberikan pemahaman kepada ibu dan ibu yang memiliki balita, dan ASI Ekslusif. Kelurahan Rawa Badak Utara menggelar Sosialisasi Kelompok Pendukung Ibu (KP-Ibu), di ruang pola kantor kelurahan setempat. Kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber Nining dari Suku Dinas  Kesehatan Jakarta Utara dan dibuka secara langsung oleh Lurah Rawa Badak Utara Suranta, Selasa 18 Desember 2012.

“Sosialisasi tersebut sangat baik karena bisa menjadi wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta dan masyarakat tentang pentingnya ASI Ekslusif serta keberadaan KP-Ibu,” kata Lurah Rawa Badak Utara Suranta, saat ditemui seusai memberikan sambutan.

Dalam penjelasannya Nining, menjelaskan KP-Ibu adalah suatu kegiatan berbasis masyarakat dimana 8-10 orang ibu hamil dan ibu bayi o-6 bulan berkumpul secara rutin 2 minggu sekali untuk berbagi pengalaman, ide dan inforamsi berkaitan dengan kehamilan, melahirkan dan menyusui dalam suasana saling mendukung dan saling percaya yang dipandu oleh motivator, dengan tujuan mendukung ibu agar sukses memberikan ASI Ekslusif.

KP-Ibu adalah peer support ( kelompok sebaya) bukan menedukasi atau penyuluhan, promosi atau edukasi atau penyuluhan yang telah banyak dilakukan cakupan ASI Ekslusif 6 bulan tetap menurun, peningkatan pengetahuan saja tidak cukup untuk merubah prilaku, ibu butuh keterampilan dan dukungan (kepercayaan, penerimaan, pengakuan dan penghargaan) terhadap perasaan-perasaannya, serta suasana saling memberi dukungan lebih mudah terbangun dalam kelompok sebaya yang mempunyai perngalaman dan situasi lingkungan yang sama, tambah Nining.

( Amin Hidayat ) .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar