Selasa, 18 Desember 2012

Libur Natal Dan Tahun Baru, Pelabuhan Tanjung Priok Siapkan 22 Kapal

Jakarta-Untuk menghadapi lonjakan penumpang pada saat libur Natal dan Tahun Baru, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara menyiapkan 22 kapal serta menyiagakan satu unit kapal tambahan.

Supervisor Terminal Penumpang Nusantara 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Syawaludin, mejelaskan 22 kapal dan satu unit kapal yang disiagakan yaitu KM Tidar dengan tujuan Batam, Belawan dan Tanjung Balai.  berkapasitas 2.500 penumpang.

"Diprediksi puncak mudik libur pergantian tahun pada Kamis (20/12), karena waktu perjalanan rata-rata mencapai tiga hari sehingga penumpang dapat merayakan Natal dan tahun baru di kampung halamannya," ujar Syawaludin, Selasa (18/12).

Masih diungkapakn oleh Syawaludin, pihaknya menargetkan sebanyak 7.000 penumpang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok untuk libur Natal dan tahun baru kali ini. Sedangkan untuk arus balik, diprediksi akan terjadi pada pekan pertama Januari dengan jumlah penumpang diprediksi mencapai 5.000 penumpang.

Saat ini, kata Syawaludin, jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjungpriok terpantau masih normal yakni rata-rata mencapai 500 penumpang pada setiap jadwal pemberangkatan kapal setiap harinya. "

Selain menyiapkan kondisi kapal, ditambahkan Syawaludin, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 50 personil keamanan internal dan posko terpadu serta posko kesehatan di terminal penumpang.

Disampingi itu bagi para calon penumpang dapat membeli tiket di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, dipesan melalui agen-agen travel, dan juga bisa dipesan di kantor PT Pelni. Tarif kapal laut pada arus mudik tahun ini tidak mengalami kenaikan. Misalnya, tarif Pelabuuhan Tanjungpriok menuju Pelabuhan Belawan tetap sama yakni sebesar Rp 380 ribu per tiket, tambah Syawal.

( Amin Hidayat )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar