Selasa, 25 Desember 2012

Muri untuk panggung terpanjang 147 meter dalam kegiatan Gong Budaya 2012

Jakarta-Museum Rekor Indonesia (MURI) kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Prov DKI Jakarta , Yayasan Kibar Indonesia, Pemerhati budaya dan Kesenian yang diraih oleh anggota DPRD DKI Jakarta Sahrianta Tarigan, Agustono selaku Ketua Pelaksana Gong Budaya 2012, serta kepala Unit Pelaksana Teknis Gelanggang Remaja Jakarta Utara ( UPT GRJU ).

Pemberian penghargaan Muri ini,  karena telah berhasil membuat panggung terpanjang 147 meter dalam kegiatan Gong Budaya 2012, di Halaman UPT GRJU, Kelurahan Kebon Bawang Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (23/12) malam.

Munurut Ketua Panitia Agustono,  kegiatan Gong Budaya 2012 menampilkan Pentas Teater Total pada panggung terpanjang di Indonesia, Acara ini ditutup oleh Gubernur DKI Jakarta yag di wakili oleh Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono, serta turut dihadiri para tokoh seniman dan budayawan Jakarta, diantaranya Slamet Rahardjo, Didit Petet, N. Riantiarno, Dorman Borisman, Mathias Muchus, serta EEng Saptahadi.

Kegiatan ini turut dimeriahkan berbagai lomba, diantaranya Festival Band Remaja se-Jabodetabek, Lomba Gerak dan Irama ( Gema ) Berbaris Tingkat SLTA se-Jabodetabek, Lomba Baca Puisi tingkat SLTA, Lomba Menulis Surat Untuk Gubernur DKI Jakarta Tingkat Sekolah Dasar ( SD ), Pameran, dan Atraksi Seni Lukis /  Seni Rupa, Tinju pelajar dan Talk Show Diskusi Budaya, tutur Agustono

Ketua Yayasan Kibar Indonesia, Sigit dalam sambutannya, mengatakan rasa bangganya atas terselenggaranya kegiatan ini yang diprakarsai oleh anak muda Jakarta Utara. Selain itu kegiatan ini juga sebagai momentum ajang silahturahmi dan berkumpulnya para seniman dan budayawan.

Dalam kesempatan ini, “saya juga ingin mengingatkan kepada anak muda untuk melupakan narkoba dan tawuran,dengan cara menyalurkan bakat dan kemampuan adik-adik remaja dalam kegiatan seperti ini.” Serta kepada Pemerintah DKI Jakarta khususnya Pemerintah Kota Jakarta Utara dapat memberikan tempat yang layak, sebagai tempat untuk adik-adik remaja untuk terus berkarya.

Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono yang  mewakili Gubernur DKI Jakarta, dalam kesempatan tersebut,  memberikan apresiasinya dan acara ini sangat luar biasa, tapi sayangnya kurang terekspos ke mass media dan masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang kurang mengetahui adaya kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut Walikota, berharap agar hal ini dapat terus dilaksanakan, dengan adanya kerjasama baik pemerintah, seniman dan budayawan. Sehingga kegiatan seperti ini kedepannya dapat lebih meriah lagi dan lebih baik lagi.

"Saya nyakin  budayawan dan seniman Jakarta Utara tidak kalah dengan seniman dan budayawan tingkat Internasional," kata Walikota yang disambut tepuk tangan para hadiri yang hadir. Masih diungkapkan oleh Walikota mudah-mudahan acara ini akan memberikan satu catatan kepada kita, agar kegiatan kedepan akan lebih baik dan bagus lagi.

Walikota dalam kesempatan tersebut berpesan kepada UPT GRJU untuk dapat menjadwalkan ulang kegiatan kesenian, kebudayaan dan olahraga, hal ini dimaksudkan agar fungsi Gelanggang Remaja dapat lebih efektif, sehingga Gelannggang tidak banyak lagi dijadikan sebagai tempat seremonial perkawinan, sepetrti apa yang diharapkan oleh Gubernur DKI Jakarta.

Kegiatan ini diharapkan setiap tahunnya dilaksanakan, sehingga potensi yang ada bisa  muncul dan berkembang mewarnai seni dan karya anak Jakarta Utara, dan kegiatan seperti ini tak terlepas dari nilai - nilai   Pancasila yang pada akhirnya menanamkan cinta kesatuan dan persatuan bangsa (NKRI).

( Amin Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar